Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Menghilang, Ternyata Ini Rencana "Bapak Android"

Kompas.com - 03/12/2015, 12:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Salah satu pendiri Android yang sempat jadi tokoh utama di Google, Andy Rubin, balik ke industri smartphone Android setelah dua tahun hengkang.

Kali ini, lelaki yang sering disebut sebagai "bapak Android" tersebut tak lagi terjun di bisnis software smartphone. Ia lebih tertarik merintis usaha perangkat smartphone berbasis Android, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Kamis (3/12/2015).

Rubin melihat pasar smartphone Android sebagai sesuatu yang berprospek dan belum akan layu. Lebih lanjut, ia menganggap perangkat Android yang beredar saat ini kurang menyasar kelas menengah ke atas.

Pasar itu yang ingin ia garap. Rubin ingin menyaingi dominasi Apple. Walau, untuk sementara Rubin belum mau membeberkan lebih jauh terkait inovasi yang ia tawarkan melalui produk smartphone besutannya.

Usaha rintisan Rubin bakal didanai Playgroud Fund yang tak lain merupakan inkubator buatannya. Sejauh ini, Playground sudah menghimpun duit 300 juta dollar AS atau setara Rp 4,1 triliun.

Memang, sejak undur diri dari Google, Rubin aktif menjaring kerja sama dengan venture capital dan terjun langsung sebagai investor. Ia telah menginvestasi beberapa inovasi produk artificial intelligence dan perkakas smarthome.

Kembalinya Rubin ke industri smartphone bisa dibilang mengejutkan. Sebab, kala meninggalkan posisi penting di divisi Android dan menyerahkannya kepada Sundar Pichai pada 2013 silam, Rubin mengindikasikan dirinya sudah cukup melalang buana di industri yang membesarkan namanya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com