Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Ponsel Juga "Berlari" Secepat "The Flash"

Kompas.com - 03/12/2015, 15:13 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Bagi penggemar tokoh superhero, sosok The Flash seketika dikenal sebagai simbol kecepatan. Tokoh ini hadir dalam wujud komik, film kartun, serial televisi, hingga layar lebar, selama beberapa dekade. Namun, kecepatan tak selamanya hanya milik Barry Allen, figur di balik kostum The Flash.

Barry mendapatkan kemampuan berlari super-cepat setelah terkena sambaran petir. Mengambil Central City sebagai basis cerita, Barry menggunakan kecepatannya untuk membantu menjaga kota tersebut dari gangguan, terutama dari meta-human, maupun memberikan aneka solusi permasalahan di sana.

Dalam kenyataan, sosok Barry mungkin tak akan pernah ada. Namun, kebutuhan atas kecepatan adalah keniscayaan, tak terkecuali di teknologi telekomunikasi.

Kebutuhan berinteraksi dan aneka aktivitas di tengah padatnya agenda maupun kondisi jalanan yang tak selalu bersahabat, menjadikan peranti teknologi telekomunikasi sebagai solusi.

Ponsel cerdas pun mulai saling beradu teknologi, termasuk kecepatan. Oppo dengan produk R7s adalah salah satu di antara jajaran ponsel cerdas yang menjadikan kecepatan laiknya Barry sebagai The Flash. Sejumlah fitur menjadi tolok ukur untuk mengadu seberapa cepat ponsel cerdas akan melayani beragam kebutuhan penggunanya sehingga waktu pun terpakai efisien.

Jaringan

Sebagus apa pun teknologi telekomunikasi, ketersediaan jaringan dengan teknologi paling mutakhir adalah hal paling mendasar. Sebaliknya, infrastruktur jaringan menjadi mubazir ketika teknologi yang tertanam di dalam ponsel tak cukup mumpuni.

Saat ini di Indonesia sudah tersedia teknologi jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Teknologi ini memudahkan pengguna ponsel cerdas untuk menikmati aneka layanan multimedia interaktif, internet nirkabel, hingga akses global mobility. Janji kecepatan akses juga mendapat dukungan tambahan dari teknologi wi-fi generasi kelima.

Malik Afrian/KOMPAS.com Teknologi cepat kamera OPPO R7s mampu memotret hanya dengan 0,1 detik
Kamera

Kebutuhan kecepatan juga datang dari lini potret-memotret. Bila dulu fitur kamera hanya menjadi pelengkap di sebuah ponsel, kini kehadirannya sudah menjadi kebutuhan yang nyaris mutlak. Pemakaian kamera di ponsel pintar pun semakin beragam, dari sekadar selfie hingga mengabadikan momen laiknya kamera profesional, bahkan untuk merekam video.

Teknologi kamera ponsel pintar sekarang sudah mengakomodasi resolusi hingga belasan megapiksel, dengan kecepatan pengambilan gambar dalam hitungan 0,1 detik. Salah satu teknologi yang memungkinkan kecepatan tersebut adalahphase detection autofocus (PDAF).

PDAF memberi kamera ponsel pintar kemampuan mengunci gambar dengan cepat dan akurat. Keunggulan teknologi ini menjadi makin kentara ketika berkolaborasi dengan fitur continuous shot. Cukup satu kali menekan tombol shutter untuk mendapatkan 20 foto berkualitas dalam hitungan detik.

Dok. Oppo Teknologi VOOC Flash Charging didukung dengan smartchip MCU yang mengatur arus listrik secara otomatis.
Charging

Urusan isi ulang daya ponsel pintar juga butuh kecepatan. Bila dulu butuh waktu berjam-jam untuk memenuhi kembali kapasitas baterai, kini cukup hitungan menit.

Adalah teknologi pengisian daya sirkuit terbuka (VOC) yang mengawali aneka teknologi pengisian daya cepat. Namun, kecepatan pengisian daya menjadi lebih cepat lagi ketika teknologi itu melonjak menjadi VOOC, penyebutan untuk teknologi voltage open loop multi-step constant-current charging.

Teknologi VOOC memungkinkan pengisian daya selama 5 menit untuk kebutuhan catu daya untuk dua jam menelepon. Untuk mengisi 75 persen baterai berkapasitas 3.070 mAh pun hanya butuh 30 menit. Tak sampai satu jam untuk mendapatkan kapasitas daya kembali terisi 100 persen.

RAM

Penyimpan data sementara  (random access memory atau RAM) adalah komponen yang sama pentingnya dengan prosesor yang ibarat otak bagi gadget dan peranti teknologi informasi maupun komunikasi.

Semakin besar kapasitas RAM, keleluasaan menggunakan gawai tanpa tersendat dalam proses pengaksesan sistem pun menjadi semakin besar. Ketika sebuah gawai dibekali RAM berkapasitas 4 gigabyte, bermain game resolusi tinggi atau membuka aneka aplikasi secara bersamaan pun bukan lagi kendala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com