Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Bebas "Lemot" dengan RAM Lebih Besar

Kompas.com - 12/12/2015, 08:13 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Random Access Memory atau RAM merupakan bagian dari perangkat keras ponsel yang bertujuan untuk menyimpan sistem operasi pada program aplikasi. Dengan adanya RAM, setiap proses dapat diakses secara acak ketika aplikasi tersebut sedang dijalankan.

Data yang menjadi beban memori RAM hanya bersifat sementara. Karena itulah, selama aplikasi di ponsel masih digunakan, secara otomatis memori RAM terpakai sesuai kebutuhan dari aplikasi tersebut. Barulah, setelah dimatikan aplikasinya, datanya akan terhapus.

Sejak dikembangkan teknologi ponsel cerdas, RAM merupakan perangkat penting sehingga terus mengalami peningkatan. Kapasitasnya pun semakin beragam, mulai dari berkapasitas 256 megabite (MB), 512 MB, 1 gigabite (GB), 2 GB, 3 GB dan yang terbaru, 4 GB.

Tak heran, kini para vendor smartphone terus berlomba-lomba menghasilkan produk yang mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya, khususnya dalam urusan RAM. Vendor asal Negeri Tirai Bambu pun berinovasi melalui smartphone terbarunya, yaitu OPPO R7s.

Melalui penggunaan RAM 4 GB pada ponsel tersebut, Anda dapat beraktivitas lebih maksimal. Dengan kemampuan tersebut menggunakan aplikasi atau game "berat" sekalipun bukan lagi masalah. 

Kini, dengan RAM berkapasitas lebih besar, pengguna semakin mudah beraktivitas bersama ponselnya. Aktivitas apa saja yang dapat ditingkatkan kinerjanya ketika menggunakan ponsel android dengan RAM lebih besar? Simak berikut ini;

Video streaming

Video streaming sebagai media hiburan dan informasi telah menjadi kebutuhan para pengguna ponsel cerdas, mulai channel video clip, headline news hingga video streaming berkonsep hiburan.

Selain akses jaringan 4G cepat, penggunaan RAM turut berperan penting terhadap kinerja saat mengakses atau mengunduh di channel video streaming. Hal itulah yang dapat ditingkatkan saat menikmati tayangan video menggunakan gadget dengan RAM lebih besar.

Malik Afrian/KOMPAS.com Smartphone OPPO R7s dengan RAM 4GB sangat baik untuk memainkan game berkualitas HD
Memainkan game berkualitas HD

Tidak diragukan lagi, menggunakan ponsel berkapasitas RAM lebih besar akan terasa lebih unggul. Sebutlah, saat Anda memainkan game berbasis high definition (HD). Faktor RAM lebih besar, seperti 4 GB, masih diprioritaskan para gamer saat mencari ponsel penunjang hobinya itu.

Anda tak perlu khawatir lagi ponsel akan “lemot” atau berhenti saat sedang seru memainkan game. Beberapa game berkualitas HD, seperti game action thriler "The Walking Dead" dan sepak bola "FIFA 16", akan sangat nyaman dimainkan.

Aplikasi beragam

Kebutuhan terhadap aplikasi sebagai penunjang aktivitas para pengguna menjadi hal wajib ada di ponsel Anda. Aplikasi itu mulai dari berkirim pesan, pengaturan foto, pengaturan video, pembersih memori, hingga aplikasi lainnya merupakan pelengkap sebagai ponsel cerdas masa kini.  

Aplikasi seperti Facebook, BBM, Line, WhatsApp dan jenis aplikasi lainnya memerlukan kapasitas ruang RAM lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan aplikasi lebih dari satu secara bersamaan tanpa ada gangguan "lemot". 

Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir lagi dengan kinerja ponsel yang menurun karena beragam aktivitas dan aplikasi. Pilihan terbaiknya kini adalah menikmati dunia digital dengan ponsel yang punya dukungan RAM lebih besar.

Selamat beraktivitas!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com