Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Uji Coba Fitur Akses Tanpa Internet

Kompas.com - 12/12/2015, 10:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook mengumumkan akan membuat teknologi yang memungkinkan para  pengguna smartphone tetap bisa melihat News Feed mereka walau tidak memiliki koneksi data internet.

Dalam mode offline tersebut, pengguna bakal tetap bisa memberikan komentar terhadap suatu posting, walau komentar tersebut baru akan di-posting/muncul jika koneksi data kembali didapat.

"Ini berguna utnuk membantu pengguna Facebook di negara-negara berkembang, yang biasanya mengakses Facebook lewat ponsel di koneksi 2G," kata perwakilan Facebook seperti dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (11/12/2015).

Mode offline Facebook yang sedang diuji coba tersebut sebenarnya hanya menampilkan kembali posting News Feed yang sudah diunduh ke ponsel sebelumnya, tapi belum sempat dibaca oleh pengguna.

Semua posting itu dikumpulkan, lalu disusun dalam ranking berdasarkan relevansi. Algoritma ranking ini juga akan menentukan apakah sebuah foto dalam posting akan ditampilkan atau tidak.

Aplikasi kemudian akan menampilkan konten yang telah diunduh datanya namun belum dilihat oleh pengguna tadi.

"Dengan proses tersebut, diharapkan pengalaman pengguna akan lebih meningkat, mereka tak lagi melihat ikon loading atau menunggu konten dimuat," ujar Facebook.

Saat koneksi kembali lancar, Facebook akan mengunduh dan menyusun ranking posting secara normal.

Walau dibuat untuk membantu pengguna di wilayah negara berkembang, namun teknologi offline ini juga diharapkan membantu pengguna yang berada di daerah susah sinyal.

Fitur offline sedang dalam masa pengujian untuk mendapatkan masukan. Facebook tidak memberikan kepastian kapan fitur tersebut akan resmi dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com