Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Gadget Berbasis Snapdragon 820 Siap Dirilis

Kompas.com - 12/12/2015, 15:50 WIB
Deliusno

Penulis


BEIJING, KOMPAS.com - Qualcomm telah memulai debut chipset mobile Snapdragon 820 untuk wilayah Asia. Perangkat yang didukung System on Chip (SoC) Snapdragon terbaru ini dijanjikan bakal hadir secepatnya pada awal tahun 2016 mendatang.

Menurut klaim Tim McDonough, VP Marketing Qualcomm, saat ini sudah ada lebih dari 70 perangkat dengan Snapdragon 820 yang siap dirilis.

Nilai tersebut sedikit meningkat dari pengenalan resmi Snapdragon 820 untuk pertama kalinya di New York, AS, beberapa pekan lalu. Kala itu, Qualcomm mengklaim sudah ada 60 desain perangkat yang bakal didukung oleh Snapdragon 820.

"Namun, tidak semuanya (dari 70 perangkat) smartphone. Ada perangkat jenis lain yang bakal dirilis dengan chipset tersebut," ujar McDonough dalam acara "Qualcomm Snapdragon 820 Debut" di Beijing, China, Jumat (11/12/2015).

Sayangnya, McDonough tidak mau menyebutkan perangkat apa saja yang bakal hadir dengan chipset terbaru Qualcomm ini.

"Karena ada perjanjian dengan para OEM, kami tidak bisa menyebutkan perangkat apa saja yang bakal menggunakan Snapdragon 820," kata McDonough.

Hingga saat ini, memang sudah ada sejumlah perangkat yang dirumorkan bakal hadir dengan dukungan chipset tersebut. Beberapa di antaranya adalah Samsung Galaxy S7, Xiaomi Mi 5, dan LG G4 Pro.

Snapdragon 820 sendiri diklaim mengusung berbagai peningkatan dari model chip high-end terdahulu dari Qualcomm, Snapdragon 810.

Salah satunya datang dari segi manajemen suhu. Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 820 bakal hadir dengan konsumsi daya yang lebih efisien dari sebelumnya sehingga memiliki suhu operasional yang lebih rendah.

Dari segi spesifikasi, Snapdragon 820 dilengkapi dengan CPU hasil pengembangan sendiri yang dinamakan Kryo. CPU tersebut tersedia dengan kecepatan hingga 2,2 GHz per intinya.

Uniknya, jumlah inti atau core CPU yang dimiliki oleh Snapdragon 820 berkurang setengah dari pednahulunya. Chipset terbaru ini tidak lagi dilengkapi dengan CPU octa-core (8 inti), melainkan CPU quad-core (4 inti).

Spesifikasi lain turut mencakup chip grafis (GPU) Adreno 530 yang dijanjikan mengalami peningkatan hingga 40 persen dari Adreno 430.

Ada juga Qualcomm Hexagon 680 DSP (Digital Signal Processor) yang dikatakan mampu menghasilkan suara yang menggelegar dan ISP (Image Signal Processor) Spectra yang diklaim bisa menghasilkan foto yang baik saat kondisi minim cahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com