Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahsyatnya Kinerja Prosesor Snapdragon 820

Kompas.com - 13/12/2015, 12:46 WIB
Deliusno

Penulis


BEIJING, KOMPAS.com - Qualcomm resmi meluncurkan chipset Snapdragon 820 di wilayah Asia dalam sebuah acara di Beijing, China, Jumat (11/12/2015). Perusahaan asal AS ini tidak lupa ikut memamerkan perangkat purwarupa yang telah didukung dengan prosesor mobile tersebut.

Spesifikasi dari purwarupa handset ini cukup tinggi. Ia dilengkapi dengan layar yang mendukung resolusi 2K, RAM 3 GB LPDDR4, media penyimpanan internal 64 GB, kamera 21 megapiksel, dan Android versi terbaru 6.0 atau Marshmallow.

Qualcomm seperti ingin menunjukkan bahwa smartphone premium di tahun 2016 mendatang tidak akan jauh berbeda dari purwarupa itu

Menariknya, Qualcomm telah melengkapi sang perangkat purwarupa dengan berbagai aplikasi benchmark. Pengunjung acara "Qualcomm Snapdragon 820 Asia Debut" ini pun bisa langsung melakukan pengujian, termasuk KompasTekno yang hadir langsung di lokasi.

Menurut salah satu karyawan Qualcomm, belum begitu banyak orang di luar pihak perusahaan yang telah diberikan kesempatan untuk menguji chipset tersebut.

Benchmark Snapdragon 820 sendiri dilakukan melalui sejumlah aplikasi populer, seperti AnTuTu, GFXBench, dan GeekBench.

Hasilnya sungguh luar biasa. Snapdragon 820 mampu merajai papan skor dalam aplikais-aplikasi pengujian.

Sebagai contoh, untuk aplikasi AnTuTu, chipset ini mampu mencapai nilai 130.708, jauh unggul dari peringkat kedua, yakni Huawei Mate 8 dengan SoC Kirin 950 yang "hanya" mampu mendapatkan nilai 92.746.

Nilai dahsyat tersebut juga berhasil didapatkan pada sesi benchmark menggunakan Geekbench. SoC tersebut berhasil mendapatkan poin 2.356 untuk pengujian single-core dan sebanyak 5.514 dalam uji coba multi-core.

Meski mendapat nilai yang sangat tinggi, pihak Qualcomm mengingatkan bahwa perangkat tersebut baru dalam tahap pengujian. Perangkat dengan Snapdragon 820 yang bakal beredar di pasar nantinya kemungkinan memliki nilai yang berbeda.

Penasaran dengan hasil benchmark Snapdragon 820? Simak hasil selengkapnya dalam rangkaian foto di bawah.

Deliusno/ KOMPAS.com Hasil uji handset purwarupa Snapdragon 820 dengan aplikasi benchmark AnTuTu di Bejing, China

Deliusno/ KOMPAS.com Hasil uji handset purwarupa Snapdragon 820 dengan aplikasi benchmark GeekBench di Bejing, China
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com