Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Diincar Hacker, Twitter Beri Peringatan

Kompas.com - 14/12/2015, 15:57 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Setidaknya ada 11 orang pengguna Twitter yang mendapatkan notifikasi mengenai serangan cyber dari negara tertentu. Mereka antara lain berprofesi sebagai peneliti, ahli keamanan dan seorang organisasi yang bergelut di bidang privasi.

Bentuk peringatan itu berupa sebuah email yang dikirimkan pada Jumat lalu, pukul 5.30 waktu Eropa atau sekitar 17.30 waktu Indonesia Barat. Selain e-mail, tak ada benang merah terkait antara orang-orang tersebut.

"Sebagai tindakan pencegahan, kami memperingatkan bahwa akun Twitter Anda adalah satu dari sejumlah kecil akun yang kemungkinan menjadi target serangan dari negara tertentu," tulis e-mail peringatan tersebut.

"Kami yakin penyerang ini ( yang bisa jadi terkait dengan pemerintah negara tertentu) berusaha mendapatkan informasi seperti alamat email, alamat IP serta nomot telepon.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (14/12/2015), ini adalah pertama kalinya sistem peringatan milik Twitter bekerja. Dan seperti yang dijelaskan dalam email notifikasi itu, akun mereka masih belum diambil alih, namun terjadi kebocoran sejumlah informasi.

Twitter sendiri tidak memberikan informasi lebih detil, selain email notifikasi tersebut.

Sekadar diketahui, Facebook dan Google pun memiliki sistem peringatan darurat serupa. Facebook meluncurkannya pada Oktober lalu dan sistemnya dengan mudah menemukan serangan cyber pada para pekerja departemen pemerintahan.

Walau kesannya sepele, serangan terhadap media sosial sebenarnya berbahaya. Satu akses ke satu akun media sosial bisa membuka jalan untuk serangan ke berbagai lini komunikasi seseorang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com