Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baidu Juga Bikin Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 15/12/2015, 10:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis


Raksasa internet China, Baidu, telah bergabung dalam perlombaan membikin mobil tanpa sopir yang bisa menyetir sendiri. Kendaraan  pintar ini ditargetkan sudah mengaspal dalam waktu tiga tahun ke depan.

Dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, wakil presiden senior Baidu Wang Jing mengatakan bahwa pihaknya telah mengujicoba dua purwarupa mobil tanpa sopir di jalanan ibu kota Beijing.

Wang menyebutkan pihaknya berencana memproduksi mobil-mobil tanpa sopir untuk melayanani rute-rute dalam kota layaknya taksi.

"Kami akan bekerjasama dengan pemerintah untuk menggelar layanan kendaraan publik, seperti shuttle service," ujar Wang.

Baidu menambah panjang daftar perusahaan teknologi yang terjun di bidang otomotif dengan membuat kendaraan "pintar".

Google telah lebih dulu terjun membikin mobil tanpa sopir, disusul Samsung. Apple pun dikabarkan tengah mengembangkan hal serupa dengan diam-diam.

Saat ini Baidu tengah berdiskusi dengan sejumlah produsen otomotif, baik pabrikan lokal China maupun internasional, tapi Wang menolak mengungkapkan siapa saja yang diajak berunding.

Mobil buatan Baidu dibangun dari sedan BMW seri 3 Gran Turismo yang dimodifikasi dengan peralatan khusus seperti terlihat dalam foto di atas.  

Perlengkapan yang ditanam di sang mobil pintar termasuk radar laser (Lidar), aneka sensor dan kamera, serta software berbasis layanan pemetaan Baidu dan teknolgi "deep learning".

Kedua purwarupa sukses diujicoba di jalan tol. Selain berjalan tanpa menabrak, mobil-mobil pintar ini bisa berpindah jalur dan menyalip mobil lain.

Selanjutnya, Baidu berencana menguji mobil tanpa sopir di beragam situasi lain seperti jalanan sempit, serta dalam keadaan hujan atau bersalju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com