Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Lumia, Gadget Snapdragon 820 Bisa Berubah Jadi PC

Kompas.com - 16/12/2015, 09:33 WIB
Deliusno

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Qualcomm resmi memperkenalkan chipset high-end terbaru Snapdragon 820 di Beijing, China, pada pekan lalu.

Bersamaan dengan pengenalan ini, perusahaan asal AS tersebut juga mendemokan berbagai perangkat yang bakal didukung oleh System on Chip (SoC) tersebut.

Salah satunya adalah Wireless IP Dock yang memiliki fitur ala docking Continuum di gadget dengan sistem operasi Windows 10.

Continuum adalah fitur yang memungkinkan perangkat smartphone berbasis Windows 10 Mobile (Lumia 950) menyalurkan keluaran display ke perangkat eksternal seperti TV atau monitor komputer.

Berbekal alat docking khusus, smartphone Windows 10 Mobile pun bisa dipasangi keyboard dan mouse sehingga berubah menjadi serupa PC desktop. Fitur macam inilah yang disajikan oleh Snapdragon 820 melalui Wireless IP Dock.

Deliusno/Kompas.com Menggunakan Wireless IP Dock, pengguna bisa menghubungkan tampilan smartphone ke televisi

Meskipun memiliki fungsi yang mirip, Wireless IP Dock terkesan lebih praktis dari Continuum karena tak butuh kabel untuk menyalurkan output display dari smartphone ke layar eksternal, melainkan cukup dengan koneksi Wi-Fi direct saja.

Stabil

Untuk mengatasi masalah kestabilan yang kerap menghinggapi koneksi berbasis wireless, Qualcomm mempersenjatai Wireless IP Dock dengan teknologi Wi-Fi terbaru, yakni 802.11ad. Standar tersebut secara teori dapat menghantarkan data hingga secepat 2,6 Gbps.

KompasTekno sempat mencoba memindahkan tampilan video 4K dari layar smartphone ke televisi dengan Wireless IP Dock. Video ternyata mampu berjalan mulus di layar televisi tanpa adanya lag yang mengganggu.

Seperti docking Continuum, Wireless IP Dock juga turut dilengkapi dengan berbagai port konetivitas, seperti port USB 3.0, HDMI, dan berbagai lainnya untuk menambahkan pernak-pernik pendukung, seperti keyboard dan mouse tadi.

Perangkat storage seperti flashdisk atau harddisk pun bisa ikut ditancapkan di perangkat berbentuk mirip router Wi-Fi ini sehingga ia bisa berfungsi layaknya media player untuk memutar konten di TV/ monitor.

Perlu ditambahkan bahwa "Wireless IP Dock" bukan nama final dari produk yang bersangkutan. Ketika sudah dirilis nanti, bisa saja panggilannya akan berbeda.

Wireless IP Dock rencananya bakal dirilis pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang di China. Belum diketahui apakah perangkat ini akan masuk Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com