Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Batu Akik" dan "Go-Jek" Rajai Pencarian di Google

Kompas.com - 16/12/2015, 17:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas "Batu Akik" tahun ini tak main-main. Menurut temuan Google, informasi terkait batu kontroversial tersebut paling tinggi ditelusuri netizen Indonesia lewat layanan Search.

Menyusul setelahnya, "Go-Jek" berada di posisi kedua dan "Kue Cubit" menempati posisi ketiga. Pun begitu, Google enggan mengungkap jumlah angka pencarian yang terhimpun pada tiap-tiap topik.

Yang jelas, menurut Head of Communication Google Indonesia Putri Silalahi, pencarian terpopuler tahun ini lebih mengacu pada hal-hal keseharian.

Tentu saja, tiap orang memiliki makna keseharian yang berbeda-beda. Dengan begitu, motif penelusuran pada topik yang sama pun bisa beragam.

"Misalnya, aku cari 'kue cubit' untuk tahu tempat jual mana yang enak. Kalau ibuku lebih ke resep membuatnya," kata Putri usai pengumuman hasil penelusuran Google 2015 terpopuler bertajuk "Year in Search", Rabu (16/12/2015), di Conservatory, Jakarta.

Sementara itu, menurut salah satu penjual batu akik Andi Aditya, dari segi penjualan, tren baru akik sebenarnya mulai menanjak sejak tujuh tahun lalu.

"Puncaknya tahun ini setelah dipakai sama SBY," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Selain tiga topik tersebut, kata kunci "Angeline", "Olga Syahputra", "Dubsmash", "Furious 7", "Tragedi Mina", "Goyang Dumang", dan "Piala Presiden" juga ramai dicari netizen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com