Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, Trafik Data Telkomsel Bisa Tembus 2.000 Terabyte

Kompas.com - 17/12/2015, 10:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel memprediksi layanan data, suara, dan teks (SMS) akan meningkat signifikan menjelang momen Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Traffic (lalu-lintas) data di jaringan Telkomsel sendiri diprediksi akan mencapai 2.000 Terabyte, atau naik sebesar 22,6 persen dibandingkan trafik di hari biasa.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Periode akhir tahun merupakaan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data."

"Fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima," ujar Ririek dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (16/12/2015).

Sementara untuk layanan suara, Telkomsel memprediksi jumlah panggilan akan meningkat menjadi 1,64 milyar menit, atau naik 6,4 persen dibandingkan hari biasa.

Sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 milyar SMS atau naik 18,8 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.
 
Untuk mengantisipasi lonjakan traffic data, suara, dan SMS tersebut, Telkomsel mengklaim telah melakukan optimalisasi jaringan, khususnya untuk kebutuhan data.

Kapasitas Internet Service Telkomsel ditingkatkan menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60 persen dari tahun 2014.

Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk  menjamin kualitas jaringan selama masa Natal dan Tahun Baru tetap prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com