Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Diskon Palsu, Lazada Mengaku Kecolongan

Kompas.com - 17/12/2015, 14:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Situs belanja online Lazada mengaku kecolongan meloloskan para penjual nakal di situsnya selama event Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang berlangsung 10-12 Desember 2015 lalu, terkait diskon fiktif.

Ke depannya, Lazada mengatakan akan lebih selektif lagi dalam menyeleksi seller.

"Kita akui kita kecolongan pas kejadian kemarin, banyak seller yang nakal (menaikkan harga berkali lipat sebelum didiskon)," ujar SVP Strategic Marketing Partnership Lazada Indonesia, Indra Yonathan saat dijumpai KompasTekno di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

"Tahun depan di event Harbolnas kita akan lebih selektif lagi menyaring seller di platform kami," demikian imbuh pria yang kerap disapa Jo itu.

Menurut Jo, pihak-pihak e-commerce yang turut serta dalam ajang Harbolnas juga memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi terhadap para seller yang berjulanan melalui layanannya

"Banyak seller online yang baru berjualan untuk pertama kalinya, kami juga perlu edukasi mereka," kata Jo yang sekaligus bertindak sebagai ketua panitia Harbolnas 2015 itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, di event Harbolnas 2015 kali ini ditemukan banyak penawaran diskon palsu di situs-situs belanja seperti Lazada, Matahari Mall, Bukalapak, dan sebagainya.

Seller menaikkan harga dasar berkali-kali lipat kemudian memberi diskon besar-besaran hingga 90 persen, sehingga harga jualnya sama saja, atau bahkan lebih mahal dari harga normal.

CEO Lazada, Magnus Ekbom telah meminta maaf atas perilaku para seller nakal di Lazada tersebut. Pun demikian dengan pihak Bukalapak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com