Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Tinggalkan Flash, Beralih ke HTML5

Kompas.com - 21/12/2015, 15:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Facebook kini menggunakan HTML5 untuk pemutaran video pada layanan jejaring sosialnya. Hal tersebut diumumkan perwakilan Facebook, Senin (21/12/2015).

"(HTML5) paling cocok bagi kami untuk terus berinovasi secara cepat dan berskala. HTML5 memberi kapasitas yang lebih besar dengan kebutuhan kompleks," kata perwakilan Facebook, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno.

Diketahui, sejak Juli 2015 lalu, Facebook telah melontarkan rencananya untuk berhenti menggunakan Adobe Flash dan beralih ke HTML5. Pasalnya, kelemahan software pada Flash dianggap berpotensi menjadi gerbang bagi para peretas jahat. 

Saat ini, dengan disokong teknologi HTML5, Facebook yakin bisa menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya. Baik dari segi keamanan secara spesifik, maupun inovasi lainnya secara umum.

"Kami menunggu hingga hari ini ketika HTML5 tersemat pada layanan kami," kata Front-End Engineer Facebook Daniel Baulig. "Akhirnya kami mencapai level kesenangan maksimal," ia menambahkan. 

Tak hanya Facebook, YouTube dan layanan populer lainnya pun berbondong-bondong meninggalkan Flash. Mereka lebih memilih HTML5 untuk menjalankan fungsi animasi, game, dan video pada layanan masing-masing. Sebab, HTML5 dianggap lebih stabil dan mendukung ekosistem layanan mobile.

Dibanjiri keluhan, Adobe pun memutuskan untuk menghentikan layanan Flash-nya. Walaupun begitu, Adobe berencana menghidupkan lagi layanan serupa dengan perombakan kualitas dan nama berbeda pada 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com