Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Luncurkan Dukungan untuk "Live Photos"

Kompas.com - 22/12/2015, 11:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Baru tiga bulan diluncurkan Apple, "Live Photos" cepat mencuri perhatian. Beberapa hari lalu, Tumblr mengumumkan dukungan untuk fitur tersebut.

Hari ini, Selasa (22/12/2015), Facebook turut meluncurkan dukungan yang sama pada layanan jejaring sosialnya. Pengguna Facebook bisa mengunggah konten "Live Photos" ke akunnya. Caranya kurang lebih sama seperti mengunggah foto biasa.

Pertama, pilih satu konten "Live Photos" dari "camera roll". Setelahnya, kotak "Live" akan muncul pada sisi kanan atas foto. Tekan kotak itu untuk mengunggah konten.

Secara default, konten yang terunggah akan tampil statis pada linimasa. Saat pengguna menekan kotak "Live" pada sisi kanan bawah konten, barulah gambar bergerak.

Namun, pembaruan ini belum bisa didistribusikan secara menyeluruh. Hanya pengguna iPhone 6s dan 6s Plus yang sudah bisa menjajal dukungan untuk "Live Photos" pada Facebook. Baik untuk mengunggah, maupun menikmati konten.

Sebagai catatan, hingga saat ini iPhone 6s dan 6s Plus belum dipasarkan secara resmi di Indonesia. Pun begitu, sudah banyak fanboy yang duluan membeli ponsel teranyar tersebut lewat situs belanja online maupun pemesanan khusus. 

Kendati kini masih eksklusif, dukungan "Live Photos" pada aplikasi Facebook bakal ikut dinikmati pengguna iPhone seri lainnya pada 2016 mendatang. Syaratnya, pengguna harus memperbarui sistem operasi ke iOS 9, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno.

Bagi yang belum familiar, "Live Photos" adalah fitur menjepret dan menyimpan foto berformat semi GIF dan video. Saat membidik gambar dengan "Live Photos", kamera akan turut mengambil konten 1,5 detik sebelum dan sesudah gambar.

Untuk menciptakan konten "Live Photos", diperlukan teknologi "Force Touch". Kedua fitur tersebut tersemat pada iPhone 6s dan 6s Plus teranyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com