Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Kencang 4G Telkomsel di Bekasi-Depok?

Kompas.com - 22/12/2015, 16:54 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel baru saja selesai memperluas jaringan berteknologi 4G LTE ke pinggiran Jakarta, antara lain sekitar Bekasi dan Depok. Seberapa cepatkah internet di sana?

Di kedua wilayah tersebut, mereka memperluas coverage internet cepat ke titik-titik berkumpulnya orang atau point of interest, serta sejumlah wilayah pemukiman.

Di Bekasi, operator pelat merah ini sudah meliputi Taman Galaxy, Pondok Cipta, Jati Waringin, Cikarang, Binatara Raya, Jati Warna, Pekayon, Harapan Indah, DeltaMas, Duta Indah, Jati Bening, Cikunir, Harapan Jaya, Duta Kranji dan lainnya. Total ada 237 base transceiver station (BTS) 4G di sana.

Sedangkan di Depok sudah mencakup Pondok Cina, Permata Depok, Cinere Country, Margo City, Andara, Taman Duta, Krukut Raya, Depok Indah, Kampus Universitas Indonesia dan lainnya. Seluruhnya didukung menggunakan 111 BTS 4G.

Tim Telkomsel, tepatnya pada Selasa (22/12/2015) pun langung melakukan uji jaringan untuk mengetahui kinerja internet cepat di sana.

Di wilayah Bekasi, pengujian dilakukan di Metropolitan Mall yang merupakan pusat keramaian dan dibagi menjadi indoor serta outdoor. Alat pengujinya berupa aplikasi SpeedTest.

Pengujian indoor oleh tim uji jaringan Telkomsel mengungkap bahwa kecepatan download 4G berhasil mencapai 29,11 Mbps dengan kecepatan upload 21, 19 Mbps.

Sedangkan di bagian outdoor Metropolitan Mall kecepatan download hanya 14,29 Mbps dengan upload mencapai 21,85 Mbps.

Telkomsel Hasil uji coba 4G LTE Telkomsel di indoor dan outdoor Metropolitan Mall, Bekasi

Kendati uji coba dilakukan di Metropolitan Mall, sebenarnya coverage indoor untuk 4G LTE 1.800 MHz ini juga ada di Bekasi Square, Grand Metro, Giant, Bekasi Cyber Park dan Mall Citra Garden. Mereka juga mengklaim sudah menjangkau 80 persen populasi Bekasi.

Sampai ke Depok

Setelah Bekasi, tim uji jaringan Telkomsel langsung menuju ke Depok. Di wilayah ini, pengujian kecepatan internet dilakukan di Margo City.

Aplikasi yang digunakan masih sama, yaitu Speedtest. Di bagian indoor mall tersebut, tim mencatat kecepatan download mencapai 24,98 Mbps dengan upload 18,62 Mbps.

Sementara itu ketika beralih ke lantai tiga, area indoor mall yang sama, kecepatan download turun menjadi 12,71 Mbps dengan upload 6,36 Mbps.

Di sekitar Univeritas Indonesia, pengujian di luar ruangan menunjukkan kecepatan download 23,33 Mbps serta upload 18,88 Mbps.

Telkomsel Hasil pengujian Telkomsel di Margo City dan Universitas Indonesia, Depok

Selain kedua area tersebut, 4G LTE Telkomsel di diklaim sudah meliputi 80 persen populasi. Selain Margo City, coverage indoor mereka juga menjangkau ITC Depok dan Depok Town Square.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com