Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tanpa Sopir Google Gandeng Ford

Kompas.com - 23/12/2015, 09:22 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.comGoogle tidak akan bekerja sendiri dalam mengembangkan mobil otonomos. Demi mencapai impiannya tersebut, raksasa internet itu akan bekerja sama dengan perusahaan otomotif ternama asal Amerika Serikat, Ford.  

Menurut informasi dari beberapa sumber, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (22/12/2015), bentuk kerja sama di antara keduanya berupa sebuah usaha patungan (joint venture) yang akan berfokus dalam mengembangkan mobil otonomos.

Meskipun begitu, perjanjian ini dikatakan tidak akan eksklusif. Google masih bisa bekerja sama dengan perusahaan otomotif lainnya. Belakangan ini, Google memang terus dikabarkan berbicara dengan berbagai pabrikan mobil untuk masalah mobil otonomos ini.

Kerja sama itu sendiri dikatakan bakal mendatangkan keuntungan di kedua belah pihak. Bagi pihak Google, bakal mendapatkan pengetahuan di bidang produksi mobil secara massal dari Ford. Google tidak perlu menghabiskan miliaran dollar AS dan beberapa tahun untuk membangun sendiri pabrik produksi mobil.

Sementara itu, Ford bisa mendapatkan berbagai ilmu mengenai mobil otonomos dari Google. Penelitian  mobil otonomos yang dilakukan oleh Google sendiri dianggap lebih maju ketimbang Ford.

Hal tersebut terlihat dari jumlah mobil otonomos yang bakal dan sedang diuji oleh kedua perusahaan tersebut. Saat ini, Ford baru berencana melakukan uji coba mobil otonomos di California.

Sedangkan, Google sudah menguji 53 mobil otonomos di daerah California dan Texas. Puluhan mobil itu dilaporkan sudah menempuh perjalanan sejauh 1,3 juta mil.

Usaha gabungan di antara Ford dan Google itu sendiri dikabarkan sudah akan diperkenalkan dalam waktu dekat, tepatnya pada ajang Consumer Electronics Show pada awal Januari 2016 mendatang.

Hingga saat ini, baik pihak Ford dan Google, menolak untuk mengonfirmasikan kebenaran kabar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com