Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Hilangkan "Hey Cortana" dari Android

Kompas.com - 23/12/2015, 14:08 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com – Kehadiran awal asisten virtual Cortana di Android tidak berjalan mulus. Karena suatu masalah, Microsoft sampai harus menghapus sementara sebuah fitur andalan dari aplikasi tersebut.

Fitur yang dimaksud adalah “Hey Cortana”. Sekadar catatan, untuk mengaktifkan Cortana, pengguna sebenarnya bisa langsung mengucapkan kalimat tersebut. Fitur tersebut sama seperti “Ok Google” di aplikasi Google Now.

Nah, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Rabu (23/12/2015), fitur “Hey Cortana” itu ternyata tidak compatible dengan sistem pengenalan suara Google.

Jika menggunakan fitur tersebut, ada beberapa fungsi perangkat yang bisa berhenti bekerja. Pengguna melaporkan fungsi microphone tiba-tiba tidak bisa digunakan. Panggilan suara juga tidak bisa dilakukan sampai pengguna me-restart ponsel pintar miliknya.

Oleh karena itu, Microsoft, sebagai pengembang Cortana, akhirnya memperbarui aplikasi tersebut. Dalam pembaruan tersebut, Microsoft menghilangkan untuk sementara fitur suara sampai solusinya ditemukan.

Pencabutan fitur itu sendiri baru terjadi di Amerika Serikat saja. Hingga saat ini, aplikasi Cortana untuk Android belum dirilis di Indonesia.

Fitur “Hey Cortana” dilaporkan masih bisa digunakan di luar negara AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com