Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulator Jet Tempur China Ketahuan Pakai Windows XP

Kompas.com - 28/12/2015, 15:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNR.cn
KOMPAS.com - Unit simulator pesawat tempur China, Shenyang J-11 diketahui menggunakan sistem operasi WIndows XP untuk menjalankannya. Hal tersebut diketahui dari foto yang beredar di dunia maya.

Foto dengan watermark situs berita militer China, military.cnr.cn tersebut menampilkan seorang kru yang duduk di kokpit simulator pesawat, dan kru lain yang menjadi operator simulator.

Di meja operator, nampak lima monitor berjajar di atas meja, dua di antaranya menampilkan desktop background khas Windows XP, yaitu padang rumput hijau dengan langit biru berawan putih.

Foto tersebut dikenal dengan nama Bliss di sistem operasi Microsoft Windows XP. (Baca juga: "Penyesalan Fotografer "Wallpaper" Windows XP")

CNR.cn Windows XP di simulator J-11.
J-11 Shenyang (NATO: Flanker B+) merupakan pesawat tempur buatan China yang airframe-nya dibangun berdasar jet tempur Rusia, Sukhoi Su-27 (NATO: Flanker).

Microsoft sendiri telah menghentikan update keamanan untuk XP pada April 2014 lalu, namun sejumlah perangkat militer masih banyak yang memakainya.

Selain menjadi software untuk simulator pesawat tempur, Windows XP juga masih diandalkan oleh Angkatan Laut AS (US Navy).

Angkatan Laut AS diberitakan rela merogoh kocek hingga 9,1 juta dollar AS atau setara Rp 121 miliar demi tetap bisa memakai sistem operasi berumur 14 tahun ini.

Dirangkum KompasTekno dari Geek.com, Senin (28/6/2015), uang berjumlah besar tersebut dipakai membayar dukungan teknis dari Microsoft, untuk komputer-komputer AL AS yang masih menjalankan si Windows usang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNR.cn
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com