Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Duet "ZenFone 3" Dibocorkan Situs Benchmark

Kompas.com - 22/01/2016, 13:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Asus dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone mid-range terbarunya, ZenFone 3. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Taiwan ini langsung menguji dua model dari seri ZenFone terbarunya tersebut.

Menariknya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Jumat (22/1/2016), Asus secara diam-diam sudah melakukan benchmark untuk ZenFone 3 ini. Informasi mengenai keduanya sudah muncul di situs resmi milik aplikasi benchmark GFX Bench.

Berdasarkan informasi dari situs tersebut, ada dua model tersebut dituliskan sebagai Z010DD dan Z012D.

Memang situs tersebut tidak secara terang-terangan menyatakan bahwa kedua model ini sebagai ZenFone 3. Akan tetapi, nomor model tersebut sangat mirip dengan ZenFone 2 yang memiliki kode Z008 dan Z00AD.

Smartphone dengan model Z012D kemungkinan akan hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari Z010DD. Model tersebut tercatat menggunakan layar 5,5 inci yang mendukung resolusi 1080p, chipset Snapdragon 650 dari Qualcomm, dan RAM 3 GB.

Selain itu, ada juga kamera 12 megapiksel di bagian belakang dan kamera 5 megapiksel di bagian depannya.

Sementara itu, Z010DD terlihat menggunakan layar berbentang 5,9 inci dengan dukungan resolusi 720p, chipset Snapdragon 615 yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB.

Tinggalkan Intel?

Menarik untuk disimak, jika informasi di atas memang benar, Asus tampaknya sudah mulai meninggalkan prosesor buatan Intel di perangkatnya.

Perusahaan yang besar di industri PC ini sebelumnya dikenal setia memakai prosesor Intel Atom di ponsel-ponsel ZenFone.

Meskipun begitu, bisa saja Asus sedang mengembangkan ZenFone 3 dengan prosesor Intel. Hanya saja, perangkat tersebut belum diuji menggunakan aplikasi benchmark populer.

Asus sendiri menggebrak pada awal tahun 2015 lalu dengan merilis ZenFone 2. Produk ini menarik begitu banyak perhatian karena menjadi salah satu yang pertama hadir dengan RAM 4 GB.

Belum diketahui, apakah ZenFone 3 akan memiliki varian RAM 4 GB atau tidak.

ZenFone 3 sendiri dikabarkan baru akan dirilis pada bulan Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com