Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Blokir Netflix, XL Tunggu Pemerintah

Kompas.com - 27/01/2016, 13:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkom Group resmi memblokir layanan video streaming on-demand Netflix terhitung hari ini, Rabu (27/1/2016). Artinya, pengguna Indihome, WiFi.id, dan Telkomsel tak lagi bisa mengakses layanan yang belum genap sebulan beroperasi di tanah air tersebut.

Langkah itu ternyata tak menjadi efek domino bagi layanan operator lain. Misalnya PT XL Axiata yang mengaku belum berniat membatasi akses penggunanya ke Netflix.

"Sampai saat ini kami tidak blokir karena belum ada arahan," kata GM Corporate Communication PT XL Axiata Tri Wahyuningsih pada KompasTekno, via pesan singkat.

Lebih lanjut, kata dia, sikap XL menanggapi Netflix akan sejalan dengan segala keputusan resmi yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

"Kami comply dengan arahan pemerintah," ujar GM yang kerap disapa Ayu tersebut.

Sebelumnya, Ayu mengisyaratkan dukungan XL terhadap kehadiran Netflix di tanah air. Menurut dia, layanan tersebut dapat membangun ekosistem penerapan internet cepat di Indonesia.

"Netflix bisa mendorong adapatasi masyarakat ke 4G. Kami mendukung, apalagi jika ada OTT lokal yang seperti itu," kata dia, beberapa saat lalu.

Diketahui, Group Telkom memblokir layanan Netflix karena layanan itu dianggap tak memenuhi aturan yang berlaku di Indonesia dan banyak memuat konten porno.

Sementara itu, pekan lalu, Menkominfo Rudiantara mengatakan memberi kelonggaran kebijakan bagi Netflix. Layanan tersebut diberi waktu sebulan untuk memenuhi kewajiban sesuai perundang-undangan Indonesia.

Antara lain, Netflix harus berbadan hukum tetap atau bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia. Opsi lain yang ditawarkan adalah Netflix harus memiliki izin sebagai penyelenggara penyedia konten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com