Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Jual Kacamata Virtual Reality untuk iPhone

Kompas.com - 10/02/2016, 12:33 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Apple diam-diam menjual kacamata virtual reality sederhana bernama Virtual Reality (VR) Viewer buatan View-Master. Perangkat tersebut hanya dijual di toko online Apple dengan harga 30 dollar AS atau sekitar Rp 405.000.

Perangkat VR buatan View-Master ini sendiri memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan Cardboard, kacamata VR buatan Google.

Secara garis besar, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (10/2/2016), pengguna nantinya bisa memasangkan iPhone ke dalam VR Viewer dan mulai menikmati tampilan VR menggunakan aplikasi tertentu. iPhone yang dipasangkan di View-Master berfungsi sebagai layar dan mesin VR.

Sebagai contoh, ketika menjalankan aplikasi video 360 derajat, pengguna dapat melihat dunia sekitar video tersebut hanya dengan menggerakkan kepala ke berbagai arah.

Masih sama dengan Cardboard, View-Master VR Viewer tidak dilengkapi dengan tali penahan kepala. Pengguna harus menggunakan tangan untuk menggunakan perangkat tersebut.

Satu hal yang membedakan View-Master VR Viewer dan Cardboard adalah material yang dipakai untuk membuat casing kacamata. Cardboard terbuat dari kardus, sementara View-Master VR Viewer memakai bahan plastik.

Apple kabarnya memang telah mulai menggarap segmen Virtual Reality secara serius dan sedang menyiapkan headset VR buatan sendiri. Sejumlah perusahaan dan pakar VR ikut diakuisisi untuk menyokong calon bisnis baru Apple ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com