Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Lowongan dari JobsDB dan Jobstreet? Cukup Buka Jora

Kompas.com - 11/02/2016, 07:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Mesin pencari kerja, Jora secara resmi telah diluncurkan dalam Bahasa Indonesia.

Di Indonesia, Jora bisa menampilkan lowongan kerja dari situs lowongan kerja Jobstreet, Karir.com, dan JobsDB Indonesia.

Selain itu, Jora juga menampilkan lowongan kerja dari perusahaan dan agen rekrutmen yang mencari kandidat untuk berbagai posisi. Dengan demikian, pencari kerja tidak perlu membuka kedua situs ini secara terpisah saat mencari kerja.

Jora mengaku mencontoh kesederhanaan cara kerja mesin pencari Google yang mudah digunakan.

“id.jora.com menampilkan semua lowongan kerja di Indonesia berdasarkan kata kunci seperti nama perusahaan, jabatan, atau perusahaan yang diketikkan dalam kotak pencari," kata Rizka Tsalasi, Country Manager Jora untuk Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Pencari kerja juga dapat mencari lowongan berdasarkan lokasi, serta tipe pekerjaan seperti full-time atau paruh waktu.

Selain itu, Jora juga menyediakan fitur untuk menyimpan lowongan dan berlangganan info lowongan kerja yang dikirim melalui e-mail (job alert).

Dengan fitur Job Alert, pencari kerja tidak akan pernah ketinggalan lowongan kerja terbaru. Fasilitas ini dapat dimodifikasi untuk mendapatkan info lowongan kerja harian atau mingguan.

“Kehadiran Jora diharapkan dapat membantu pencari kerja di Indonesia untuk menemukan pekerjaan dengan mudah,“ tambah Rizka.

Lamaran "offline" masih penting

Meski lowongan pekerjaaan relatif mudah dicari secara online di era internet seperti sekarang, manajer KompasKarier.com Naomi Naibaho berpendapat bahwa jalur "offline" alias temu muka antara calon employer dengan jobseeker tetap diperlukan di Indonesia.

"Perlu engagement secara offline, bisa ketemu pencari kerja, langsung mengetahui look dan appearance-nya," sebut Naomi.

Soal ini, KompasKarier.com menawarkan uji "softskill" yang berguna untuk mengetahui aspek leadership, teamwork, dan kesiapan kerja dari para anggotanya.

KompasKarier.com secara rutin menggelar pameran baik yang berskala terbatas ke kampus-kampus maupun berskala lebih besar di berbagai kota. Dalam setahun ada 7-8 pameran bursa kerja di berbagai kota.

"Paling besar bisa menghadirkan hingga 250 booth perusahaan dalam satu pameran di Balai Kartini, Jakarta," ujar Naomi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com