Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bangun Pusat Riset di India, Indonesia Kapan?

Kompas.com - 19/02/2016, 09:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Apple berencana menanam investasi sebesar 25 juta dollar AS atau lebih dari Ro 336 miliar untuk membangun pusat riset dan pengembangan teknologi di kota Hyderabad, India.

Kabar mengenai hal tersebut telah beredar sebelumnya, namun kini telah dipastikan oleh pihak Apple, menurut laporan Economic Times yang dirangkum KompasTekno, Jumat (19/2/2016).

Menurut keterangan dari pihak Apple, pusat riset di Hyderabad akan menampung 150 pegawai yang mengembangkan teknologi pemetaan.

“Kantor itu juga akan menyediakan ruang untuk banyak kontraktor yang akan mendukung upaya ambisius kami di pasar lokal,” sebut seorang juru bicara Apple.

Fasilitas Apple di India ini bakal menempati lahan seluas 76.000 meter persegi di pusat teknologi kota Hyderabad. Konstruksi dijadwalkan mulai berjalan pada paruh kedua 2016.

Saat selesai didirikan nanti, bangunan tersebut bakal menjadi pusat riset ketiga bagi Apple yang berada di luar AS. Tempat serupa juga terdapat di Brasil dan Italia.

India merupakan salah satu pasar terbesar bagi Apple -di luar AS dan China- yang mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Apple mengikuti langkah Microsoft dan Google yang telah lebih dulu menyatakan bakal menanam investasi di negara Asia Selatan tersebut.

Tahun lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pernah menyatakan bahwa Apple juga  berniat membangun pusat riset di Indonesia, namun kelanjutan rencana itu masih belum jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com