Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S7 dan S7 Edge Bisa Dibeli Mulai 11 Maret

Kompas.com - 22/02/2016, 04:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan duet flagship teranyarnya Galaxy S7 dan S7 Edge, Minggu (21/2/2016).

Pada acara peluncuran bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked" di Barcelona, Spanyol, Samsung langsung mengumumkan ketersediaan dua smartphone Android tersebut.

Galaxy S7 dan S7 Edge akan tersedia di pasaran mulai 11 Maret 2016 mendatang. Soal harga, belum ada penjelasan lebih lanjut.

"Pemesanan bisa dilakukan dalam beberapa hari ke depan. Untuk pemesan awal, Galaxy S7 akan sepaket dengan Gear VR," kata Senior VP Product Strategy Samsung Justin Denison.

Yang menarik dari duo Galaxy S7 adalah kembalinya slot kartu memori microSD dan fitur anti-air yang sempat "hilang" di Galaxy S6.

Dari segi desain, Galaxy S7 mengusung layar 5,1 inci seperti pendahulunya. Sementara S7 Edge lebih bongsor dengan layar 5,5 inci. Selain ukuran layar, bentuk layar, dan antarmuka "UX Edge", tak ada yang membedakan kedua varian tersebut.

Beberapa peningkatan signifikan terlihat pada kapasitas baterai, diafragma kamera, dan fitur untuk para pecinta game.

Untuk Galaxy S7, kapasitas baterai ditingkatkan menjadi 3.000 mAH dan  pada S7 Edge menjadi 3.600 mAH. Fitur pengecasan cepat (fast-charging) dan pengecasan nirkabel (wireless charging) masih tetap dipertahankan dari Galaxy S6.

Soal kamera utama, Galaxy S7 mematrikan sensor 12 megapiksel dengan bukaan f/1.9. Artinya, hasil tangkapan gambar pada kondisi minim cahaya akan lebih apik.

Samsung juga menghadirkan sistem pendingin (cooling system) pada Galaxy S7. Tujuannya mencegah sistem cepat panas dalam penggunaan aplikasi, utamanya saat main game.

Kali ini, Samsung memang tampak lebih serius memanjakan para gamer. Melalui fitur bertajuk "game launcher", Galaxy S7 menjamin pengguna tak bakal terganggu dengan notifikasi dan pengguliran aplikasi lain -bahkan saat pengguna harus menggulir aplikasi lain-, saat bermain game.

RAM 4 GB dianggap cukup menjalankan beragam aktivitas yang dipersenjatai prosesor Exynos 8890 buatan Samsung atau Qualcomm Snapdragon 820 -tergantung wilayah pemasaran-. Adapun sistem operasinya berjalan pada Android Marshmallow 6.0.1.

"Kami menggabungkan semua yang terbaik pada Galaxy S7," kata Presiden Communication Business Samsung DJ Koh di sela-sela peluncuran yang turut dihadiri KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com