Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S7 "Tebus Dosa" Samsung Lewat Baterai dan Memori

Kompas.com - 22/02/2016, 06:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Duo smartphone Android Galaxy S7 dan S7 Edge yang baru saja diluncurkan tak ubahnya "penebus dosa" Samsung di Galaxy S6 dan S6 Edge.

Hal itu terlihat dari peningkatan spesifikasi duo Galaxy S7 pada sektor krusial, yakni kapasitas baterai, tambahan memori via microSD, dan "lebih" anti-air.

 
Dilaporkan KompasTekno langsung dari acara peluncuran bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked", Minggu (21/2/2016) di Barcelona, Galaxy S7 dan S7 Edge mengusung baterai dengan kapasitas jauh lebih besar, yakni 3.000 mAH dan 3.600 mAH.
 
Peningkatan itu menjawab keluhan pengguna atas baterai S6 dan S6 Edge yang dianggap masih belum mencukupi kebutuhan sehari-hari. Diketahui, masing-masing hanya mematrikan baterai 2.550 mAH dan 2.600 mAH.
 
Adapun kemampuan pengecasan cepat (fast-charging) dan pengecasan tanpa kabel (wireless-charging) masih dipertahankan pada duet Galaxy S7.
 
Slot microSD
 
Tak hanya dari sisi baterai, kapasitas penyimpanan internal pun dibuat lebih luwes. Samsung mengembalikan slot microSD yang dulunya terpatri pada Galaxy S5 dan dilengserkan pada Galaxy S6. 

"Kami tahu apa yang Anda inginkan. Saat berkunjung ke rumah nenek, keluarga ingin mengambil gambar sebanyak-banyaknya, maka kami hadirkan microSD," kata Senior VP Product Strategy Samsung, Justin Denison.

 
Bedanya, kali ini slot microSD bersifat hibrida. Pengguna diberi dua pilihan: menyematkan satu kartu SIM nano dan satu microSD, atau menyematkan dua kartu SIM nano tanpa microSD. 
 
Jika memilih opsi pertama, pengguna Galaxy S7 dan S7 Edge bisa memasang kartu microSD dengan tambahan kapasitas hingga 200 GB. 

Diketahui, pada Galaxy S6, pengguna harus "pasrah" dengan memori internal yang ditetapkan Samsung sebesar 64 GB. 

Kala itu, Samsung punya alasan khusus meniadakan slot microSD. Pabrikan Korea Selatan tersebut berkilah kemampuan dari internal sudah sangat baik, yakni bisa reading file 3 GB per detik. Jika pakai memori eksternal, kemampuan reading-nya dikatakan bakal jauh menurun. 
 
Tapi toh suara pengguna tak ubahnya sabda. Atas permintaan pengguna, slot microSD dihadirkan kembali. Soal performa, Samsung menjamin tak bakal terjadi lag seperti yang dikhawatirkan pada lini sebelumnya.
 
Water-resistant
 
Sebelumnya, Samsung telah mematrikan kemampuan anti-air dengan sertifikasi IP67 pada Galaxy S5. Fitur itu lalu dihilangkan pada Galaxy S6 dan kini kembali pada Galaxy S7.
 
Smartphone yang baru saja diluncurkan itu mengantungi sertifikasi IP68 yang lebih tangguh. Pengguna bisa menenggelamkan Galaxy S7 dan S7 Edge hingga kedalaman air 1,5 meter, asalkan tak lebih dari 30 menit. 

"Tak hanya dari luar, kami mengamankan perangkat dari air dari dalam smartphone," ujar Denison.

Penutup pelindung air yang sebelumnya terpatri pada port USB Galaxy S5 pun kini tak lagi diperlukan. Pasalnya, Galaxy S7 diklaim sudah memiliki sistem ketahanan air yang lebih mumpuni sehingga tak perlu khawatir jika air membasahi port USB.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dilengkapi kemampuan anti air dengan spesifikasi IP68
Galaxy S7 dan S7 Edge secara berurutan mengusung layar 5,1 inci dan 5,5 inci. RAM 4 GB dianggap cukup menjalankan beragam aktivitas yang dipersenjatai prosesor Exynos 8890 buatan Samsung atau Snapdragon 820 dari Qualcomm. Adapun sistem operasinya berjalan pada Android Marshmallow 6.0.1.

Ada empat varian warna yang bisa dipilih, yakni gold, silver, hitam, dan putih. Kedua ponsel akan dipasarkan secara komersil mulai 11 Maret. Harganya sendiri belum diungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com