Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy S7

Kompas.com - 23/02/2016, 10:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Inovasi kerap dijadikan bahan "jualan" tatkala vendor meluncurkan perangkat flagship. Baik inovasi dari sisi desain, maupun fitur yang dibenamkan.

Makin unik desainnya, makin banyak fitur barunya, makin "seksi" pula sebuah smartphone atau tablet di mata khalayak.

Alih-alih mengikuti rumus baku tersebut, Samsung memilih strategi berbeda. Setidaknya hal itu tampak pada smartphone teranyar Galaxy S7 dan S7 Edge, yang baru saja diluncurkan pada Minggu (21/2/2016).

Kedua ponsel tak mengejutkan pengguna dengan desain yang benar-benar beda, meski tetap ada perubahan kecil. Fitur tambahannya pun tak banyak.

"Yang ingin diberikan lebih ke peningkatan experience," kata Marketing Director Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang, setelah acara peluncuran bertajuk "Samsung Galaxy Unpacked" di Barcelona, Spanyol.

Wartawan KompasTekno, Fatimah Kartini turut hadir dalam acara tersebut dan berkesempatan merasakan peningkatan pengalaman yang dimaksud.

Desain serupa tapi beda

Sepintas, tak ada yang berbeda dari desain duet Galaxy S7 jika dibandingkan dengan duet Galaxy S6. Bodinya tetap tipis dengan sisi-sisian melengkung. Hanya saja, pada S7, lengkungan pada sisi kiri dan kanannya dibuat lebih tegas.

Bahannya pun tetap terbuat dari metal dengan balutan kaca yang elegan. Tombol-tombol yang terpatri (baik fisik maupun soft) masih di posisi yang sama dengan pendahulunya.

Jika ditilik lebih lanjut, perbedaan baru tampak pada desain cangkang kamera. Ketebalan kamera Galaxy S6 mencapai 1,7 mm, lalu direduksi menjadi 0,46 mm pada Galaxy S7.

Perubahan simpel itu mungkin terkesan tak berarti. Tapi, untuk pengalaman penggenggaman dan dari segi desain, perubahan itu menjadi sangat penting.

Kini, tak ada lagi perasaan mengganjal kala melihat ada tonjolan kamera. Menggenggamnya pun lebih pas karena punggung ponsel hampir rata.

Fatimah Kartini Bohang Tampak depan Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge
Perubahan desain lainnya terlihat pada ukuran Galaxy S7 Edge yang lebih bongsor. Pada Galaxy S6, versi layar datar dan layar lengkungnya berukuran sama, yakni 5,1 inci.

Kali ini, Galaxy S7 dan S7 Edge hadir dengan ukuran berbeda. Galaxy S7 tetap 5,1 inci, sementara Galaxy S7 Edge diperbesar menjadi 5,5 inci. Meski lebih besar, Galaxy S7 Edge tetap terasa mantap di tangan.

Spesifikasi lebih tangguh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com