Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Luncurkan Paket Data ala Operator Telekomunikasi

Kompas.com - 23/02/2016, 12:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch
KOMPAS.com - Lenovo kali ini meluncurkan sebuah layanan yang benar-benar di luar kebiasaan. Layaknya sebuah operator telekomunikasi, perusahaan asal China ini meluncurkan paket data roaming global.

Mereka menyebut layanan paket data itu sebagai Lenovo Connect. Penggunanya bisa mendapatkan paket data roaming yang diklaim lebih murah dan bisa berfungsi di berbagai negara tanpa harus mengganti kartu SIM.

Keberadaan layanan tersebut mengubah Lenovo menjadi mobile virtual network operator (MVNO), khusus untuk paket data roaming.

Ini bukan berarti perusahaan asal China itu menjadi operator telekomunikasi dan membangun berbagai infrastruktur jaringan.

Layanan data MVNO merupakan hasil kesepakatan bisnis antara perusahaan dengan operator telekomunikasi. MVNO biasanya mendapat harga borongan sehingga bisa mengatur sendiri harga jualnya ke pelanggan.

Sebaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (23/2/2016), Lenovo Connect pertama kali diluncurkan bulan ini di China, khusus untuk pengguna ponsel LeMeng X3 atau tablet MIIX 700.

Di tahap pertama tersebut, Lenovo Connect ditarget bisa berfungsi di lebih dari 50 negara. Selanjutnya, mereka juga akan merilisnya di negara lain, kendati prosesnya lambat.

Akhir kuartal ini, Lenovo berencana meluncurkan paket data roaming itu di Eropa, Timur Tengah, serta Afrika. Mereka sedang mengusahakan agar roaming bisa bertambah ke 45 negara lain.

Perusahaan China tersebut mengklaim mereka telah mengerjakan bisnis MVNO selama beberapa waktu dan sudah menggaet 11 juta pelanggan.

Namun detil tarif dan negara yang bisa memakai Lenovo Connect masih belum jelas. Mereka belum mengumumkan hal itu lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com