Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Samsung Turunkan "Megapiksel" Galaxy S7

Kompas.com - 26/02/2016, 15:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan duet flagship Galaxy S7 dan S7 Edge dengan sensor kamera yang diturunkan. Dari yang sebelumnya 16 megapiksel pada Galaxy S6 dan S6 Edge, kini menjadi 12 megapiksel.

Keputusan itu bukan tanpa alasan. Ternyata desain kamera yang lebih tipis adalah salah satu penyebabnya. Hal itu dikemukakan Direktur Marketing Samsung Electronic Indonesia Vebbyna Kaunang.

"Tim kami sudah berupaya membuat smartphone terbaik secara desain dan teknologi. Untuk S7, desain lensa kamera yang lebih tipis ternyata punya konsekuensi lain, yaitu penurunan sensor kamera," kata dia pada KompasTekno, di Barcelona, Spanyol.

Diketahui, desain kamera Galaxy S7 dan S7 Edge memang jauh lebih tipis dari pendahulunya. Dengan ketebalan 0,46 mm -sebelumnya 1,7 mm-, cangkang kamera keduanya bahkan hampir rata dengan bodi smartphone.

Fatimah Kartini Bohang Tampak atas Samsung Galaxy S7 Edge

Meski megapiksel-nya menurun, Samsung mengklaim kamera Galaxy S7 dan S7 Edge tetap unggul dibandingkan pendahulunya. Bahkan, tangkapan gambar yang diambil dikatakan paling baik di industri smartphone saat ini.

Hal itu dimungkinkan bukaan yang meningkat dari f/1.9 menjadi f/1.7. Artinya, tangkapan gambar pada kondisi minim cahaya (low-light) seharusnya lebih mantap.

Untuk membuktikannya, KompasTekno mencoba membidik foto di malam hari dengan kamera Galaxy S7. Ternyata hasilnya memang tak mengecewakan.

Fatimah Kartini Bohang Hasil bidikan gambar di malam hari menggunakan kamera Samsung Galaxy S7

Selain itu, kamera Galaxy S7 dan S7 Edge juga sudah dibenamkan teknologi "dual pixel". Teknologi tersebut diklaim baru pertama kali disematkan pada sebuah smartphone. Sebelumnya, dual pixel dikatakan hanya ramai pada industri kamera "serius" seperti SLR.

Kegunaan utamanya mencakup dua hal. Pertama, mempercepat pendeteksian fokus otomatis gambar(autofocus), sehingga hasil jepretan tetap cantik meski dalam keadaan tergesa-gesa.

Kedua, memungkinkan kamera membidik gambar ke lebih dari satu fokus sekaligus. Jika diibaratkan mata, dual pixel memungkinkan mata kiri dan kanan manusia melihat dua hal berbeda dengan fokus yang sama.

Fatimah Kartini Bohang Tangkapan kamera Samsung Galaxy S7

Hasil jepretan kamera Galaxy S7 memang tampak seperti tangkapan mata. Warnanya lebih keluar dan tak didapati noise yang biasanya muncul ketika membidik gambar low-light.

"Dengan teknologi yang ditingkatkan, sensor 12 megapiksel di Galaxy S7 sebenarnya setara dengan kemampuan 24 megapiksel," Vebbyna menuturkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com