Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Kabisat, Kelinci Google "Melompat" ke Dalam Doodle

Kompas.com - 29/02/2016, 10:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, Senin (29/2/2016), umat manusia kembali dihadapkan pada tahun kabisat. Bagi yang lahir 29 Februari, akhirnya bisa kembali merayakan ulang tahun setelah 2012 silam.

Ya, 29 Februari memang lumrahnya cuma "nyempil" tiap empat tahun sekali. Tahun lalu dan tahun depan, Februari hanya punya 28 hari. Google mengilustrasikannya lewat sebuah doodle yang terpampang di mesin pencari.

Ceritanya, ada dua kelinci sedang tertidur. Masing-masing memiliki nomor "28" (Februari) dan "1" (Maret). Lalu tiba-tiba ada kelinci lain bernonor "29" (Februari) melompat dari luar doodle dan menyempil di antara kedua kawannya sebagai simbolisasi tambahan hari di tahun kabisat.

Entah kenapa kelinci dijadikan sebagai perwakilan. Jika mengacu pada penanggalan China, tahun ini seharusnya jadi tahunnya monyet.

Pada situs Google Doodle, tak dijelaskan secara spesifik terkait dalihnya. Yang jelas, doodle tersebut dibuat oleh doodler kawakan Olivia Huynh.

Huynh memang kerap membuat doodle untuk Google pada hari-hari istimewa. Di antaranya doodle untuk "Halloween", "Valentine", "Hari Ibu", dan "Imlek".

Lompatan sang kelinci sendiri merupakan perlambang dari istilah tahun kabisat dalam bahasa Inggris, yakni leap year.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com