Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Batal Pindahkan Aplikasi Android ke Windows 10

Kompas.com - 29/02/2016, 11:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft membatalkan Project Astoria yang mestinya bertujuan memindahkan sejumlah aplikasi Android ke Windows 10.

Project Astoria diumumkan dalam konferensi Microsoft Build pada 2015 lalu. Dalam acara yang sama, Microsoft juga mengatakan sedang menjalankan proyek lain bernama Islandwood dengan tujuan memindahkan aplikasi iOS ke Windows 10.

Namun kini, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (26/2/2016), raksasa software tersebut merasa kesulitan menjalankan dua proyek dengan tujuan serupa.

Karenanya, mereka memutuskan untuk menghentikan salah satunya. Pilihan pun jatuh ke Project Astoria, sedangkan Project Islandwood tetap dijalankan.

"Kami menerima banyak saran yang mengatakan bahwa menjalankan dua teknologi Bridges untuk memodifikasi kode sistem operasi mobile adalah tindakan sia-sia," ujar VP Windows Developer Platform Microsoft Kevin Gallo dalam blog resmi Windows.

"Kini kami telah memilih fokus pada Windows Bridge untuk iOS. Pengembang aplikasi yang ingin mendalami masalah Android Bridge ke Windows bisa melihat iOS Bridge ini atau Xamarin sebagai solusi," imbuhnya.

Selain soal proyek modifikasi koding ini, Microsoft juga baru mengumumkan akuisisi pengembang aplikasi mobile Xamarin.

Langkah akuisisi tersebut bertujuan memudahkan raksasa software membuat coding aplikasi yang dapat dipakai Windows, iOS dan Android tanpa menghilangkan cita rasa asli masing-masing sistem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com