Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota San Francisco Masih Hutang Rp 2,4 Juta ke Steve Jobs

Kompas.com - 01/03/2016, 08:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Terlepas dari kebesaran namanya sebagai pendiri Apple, Steve Jobs juga merupakan warga kota San Fracisco, AS. Ia punya kewajiban dan hak hukum yang sama dengan warga lain.

Setelah kurang lebih lima tahun meninggal, tepatnya pada 5 Oktober 2011 silam, Jobs ternyata belum menerima haknya lantaran kelebihan membayar tiket parkir di San Francisco.

Kota di Pantai Barat AS tersebut masih berhutang 174 dollar AS atau setara Rp 2,3 jutaan kepada Jobs, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (29/2/2016) dari Business Insider.

Selain Jobs, Pendiri PayPal Peter Thiel dan CEO Uber Travis Kalanick juga tertera dalam jejeran nama warga SF yang kelebihan bayar parkir. Secara berurutan, masing-masing kelebihan membayar 170 dollar AS (Rp 2,2 jutaan) dan 510 dollar AS (Rp 6,8 jutaan).

Diketahui, sistem pembayaran tiket parkir di San Francisco menyerupai voucher isi ulang. Pengemudi harus membeli voucher dengan nominal tertentu untuk dipotong sesuai waktu parkir di tempat-tempat khusus.

Masalahnya, ada saja warga yang membayar kewajiban lebih dari haknya. Pemerintah kota San Francisco pun meneliti file transaksi selama periode 17 tahun dari 1995 hingga 2012.

Hasilnya, ditemukan ada 6,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 81 miliar duit warga yang mengendap di rekening parkir SF. Pemerintah hendak mengembalikan kelebihan-kelebihan pembayaran tersebut.

Warga diberi waktu sampai 3 Maret 2016 mendatang untuk mengklaim pembayaran balik (refund). Jika tidak, duit kelebihan itu akan masuk ke kas pemerintah.

Untuk kasus Jobs, ke mana duit 174 dollar AS itu harus bermuara? Belum ada penjelasan lebih lanjut soal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com