Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Laci" Aplikasi Dihapus, Android Bakal Jadi Mirip iOS?

Kompas.com - 01/03/2016, 11:20 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna Android pasti akrab dengan "laci" aplikasi (app drawer) yang merupakan wadah bagi seluruh piranti lunak terinstal di ponselnya. Kabarnya laci tersebut akan dihapus dan nantinya seluruh aplikasi akan ditampilkan di layar utama atau home screen.

Model tampilan seperti ini sebenarnya bukan hal baru karena selama ini Apple sudah menerapkannya pada iOS.

Selain Apple, sebenarnya ada juga sejumlah produsen Android yang menghapus laci aplikasi. Hanya saja tindakan ini tidak seragam, sesuai desain produsennya saja.

Namun bila Google memutuskan untuk menerapkan modifikasi tersebut, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (1/3/2016), maka seluruh laci aplikasi akan hilang dari Android N yang akan datang.

Prediksi soal kebijakan tersebut diketahui dari demo video Google Maps baru. Ponsel yang dipakai untuk demo tersebut memperlihatkan user interface bawaan Android.

Bedanya adalah, tak ada ikon laci aplikasi di bagian tengah bawah layar. Bagian home screen ponsel itu hanya memperlihatkan sederet aplikasi saja, termasuk Google Maps.

Kendati ada prediksi demikian, tak berarti Google benar-benar akan menghapus laci aplikasi di Android N. Bisa jadi raksasa internet itu bakal memberikan pilihan pada pengguna, apakah mau memakai laci aplikasi atau tidak sama sekali.

Pengguna akan segera mendapat kepastian mengenai hal ini. Google akan mengadakan konferensi pengembang aplikasi I/O pada 18 Mei mendatang, dan biasanya mereka mengumumkan Android terbaru di acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com