Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Resmi Masuk Indonesia

Kompas.com - 01/03/2016, 13:23 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duet Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge resmi meluncur di Indonesia, Selasa (1/3/2016). Keduanya diperkenalkan pertama kali di Barcelona, Spanyol, berbarengan dengan ajang Mobile World Congress 2016, pekan lalu.

"Kami menghadirkan smartphone yang menumpas semua barrier dan membawa kehidupan Anda ke next level," kata Presiden Samsung Indonesia Jae Hoon Kwon, pada acara peluncuran di Ritz Carlton, Jakarta.

Yang menarik dari duo Galaxy S7 adalah kembalinya slot MicroSD untuk tambahan kapasitas penyimpanan data dan fitur anti-air. Kedua fitur ini sempat dihilangkan Samsung di Galaxy S6.

Untuk jepretan foto dan video, Galaxy S7 dan S7 Edge mengandalkan kamera utama 12 megapiksel atau menurun dari yang sebelumnya 16 megapiksel. Meski begitu, bukaannya ditingkatkan ke f/1.7 dari f/1.9.

Alhasil, pembidikan gambar dan perekaman video pada kondisi minim cahaya tak lagi jadi masalah. Ada juga teknologi "dual pixel" yang diklaim baru pertama kali dibenamkan pada sebuah smartphone.

Teknologi itu memungkinkan pendeteksian fokus lebih cepat, bahkan di kondisi cahaya remang-remang. Selain itu, fokus ke objek juga bisa multi-dimensi bak mata manusia.

Untuk kebutuhan selfie, kedua flagship masih mengandalkan sensor kamera berkualitas 5 megapiksel atau sama dengan pendahulunya.

Baterai Galaxy S7 bersaudara mengalami peningkatan signifikan, yakni 3.000 mAH untuk Galaxy S7 dan 3.600 mAH untuk Galaxy S7 Edge. Sebelumnya, Galaxy S6 memiliki baterai berkapasitas 2.550 mAH dan Galaxy S6 Edge 2.600 mAH.

Fitur pengecasan cepat (fast-charging) dan pengecasan nirkabel (wireless charging) masih tetap dipertahankan dari Galaxy S6.

RAM 4 GB dianggap cukup menjalankan beragam aktivitas yang dipersenjatai prosesor Exynos 8890 buatan Samsung. Untuk sistem operasi, keduanya berjalan pada Android Marshmallow 6.0.1.

Samsung juga menghadirkan sistem pendingin (cooling system) pada Galaxy S7 bersaudara. Tujuannya mencegah sistem cepat panas dalam penjajalan aplikasi, utamanya saat main game.

Kali ini, Samsung memang tampak lebih serius memanjakan para gamer.

Melalui fitur bertajuk "game launcher" dan "game tools", Galaxy S7 menjamin pengguna tak bakal terganggu dengan notifikasi dan pengguliran aplikasi lain -bahkan saat pengguna harus menggulir aplikasi lain-, saat bermain game. Permainan juga bisa direkam dan dipindai untuk kemudian dibagikan ke media sosial.

Kedua ponsel hadir dalam empat varian warna, yakni gold, silver, hitam, dan putih.

Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge sudah bisa dipesan mulai 26 Februari lalu. Pemesanan dapat dilakukan dengan mengunjungi situs galaxylaunchpack.com atau langsung ke situs belanja Dinomarket, Blibli, Bhinneka, Erafone, Elevenia, dan JDid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com