Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata "Hologram" HoloLens Tak Butuh PC atau Ponsel

Kompas.com - 02/03/2016, 08:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Kacamata augmented reality (AR) HoloLens buatan Microsoft bisa dipakai tanpa bantuan komputer atau ponsel. Pengguna cukup membeli dan langsung memakainya secara mendiri.

Hal tersebut bisa terjadi karena Microsoft menyematkan sebuah perangkat bersistem operasi Windows 10 ke dalam HoloLens.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (1/3/2016), HoloLens memiliki sebuah Holographic Processing Unit (HLP) hasil kreasi Microsoft serta sebuah prosesor Intel 32-bit.

Selain itu raksasa software tersebut juga ikut menanamkan bermacam jenis sensor di dalam HoloLens, termasuk sensor pengukuran inersia, sensor cahaya, serta empat elemen yang bisa memahami kamera.

Kombinasi sensor HoloLens dengan kamera berkemampuan depth sensing membuatnya bisa dipakai untuk memetakan ruang. Disediakan pula kamera 2 megapiksel untuk merekam momen video dan foto.

Berbeda dari headset lain yang umumnya menampilkan virtual reality, HoloLens memang khusus dibuat untuk mewujudkan augmented reality yang memadukan alam nyata dengan alam virtual lewat teknologi hologram Microsoft.

Pengguna HoloLens nantinya akan bisa berinteraksi dengan aneka obyek virtual yang seolah benar-benar hadir di lingkungan sekitar, mulai dari jendela aplikasi Windows hingga tulang-tulang dinosaurus.

Di dalamnya, HoloLens turut diperkuat RAM 2GB, memori internal 64 GB, serta konektivitas Bluetooth serta WiFi. Fungsi Bluetooth di sini adalah untuk menghubungkan kacamata VR dengan "Clicker" atau remote control pasanganya.

Microsoft juga merilis foto terbaru berisi HoloLens yang dirancang untuk para pengembang aplikasi. HoloLens edisi tersebut rencananya akan mulai dikapalkan pada 30 Maret mendatang dan dibanderol dengan harga 3.000 dollar AS atau setara Rp 40 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com