Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Mengaku Ikut Cari Pesawat MH370 yang Menghilang

Kompas.com - 02/03/2016, 11:22 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Raksasa teknologi, Apple, mengaku turut membantu pencarian pesawat B777 Malaysia Airlines penerbangan MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 dan hingga kini belum ditemukan.

Hal tersebut terungkap dalam rapat dengar pendapat yang dilakukan antara Apple dan beberapa anggota senat AS, Selasa (1/3/2016) lalu.

"Satu jam setelah pesawat tersebut dinyatakan hilang, operator Apple bekerja sama dengan penyedia layanan seluler di seluruh dunia, dan FBI mencoba mencari ping," kata Bruce Sewell, perwakilan Apple.

"Hal itu dilakukan untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat," imbuhnya seperti dikutip The Verge dan diteruskan KompasTekno, Rabu (2/3/2016).

Sewell juga menambahkan bahwa Apple akan mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki dan melakukan prosedur darurat yang telah dibuat dalam menghadapi situasi seperti itu.

Rapat dengar pendapat itu dilatarbelakangi oleh sikap Apple yang tidak bersedia membuka enkripsi iPhone untuk kebutuhan penyelidikan FBI.

FBI pun menempuh upaya hukum untuk menekan Apple agar mau membuka kunci iPhone. Akan tetapi, permintaan yang disuarakan lewat pengadilan federal ini kemudian ditolak mentah-mentah.

Apple tidak bersedia membuka enkripsi tersebut karena backdoor yang diminta FBI memungkinkan passcode untuk dimasukkan secara elektronik sehingga iPhone lebih mudah dijebol dengan teknik "brute force", yakni menebak angka kunci dengan memasukkan jutaan kombinasi per detik dengan bantuan komputer.

Apple khawatir, aplikasi semacam itu nantinya bisa digunakan untuk membuka iPhone lain di luar kepunyaan sang teroris, tak peduli siapa pemiliknya ataupun berapa banyaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com