Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Gempa Mentawai, Internet dan Telepon Telkom Normal

Kompas.com - 03/03/2016, 09:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pasca terjadinya gempa 7,8 skala richter di wilayah Mentawai dan sekitarnya, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memastikan layanan telepon dan internet mereka tetap bisa dipakai.

"Layanan Telkom Group beroperasi normal. Telepon rumah, internet, dan layanan seluler Telkomsel pun saat ini bisa dipakai dengan normal," terang Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo pada KompasTekno, Kamis (3/3/2016).

Dia menambahkan, menurutnya pasca kejadian gempa terjadi kenaikan trafik komunikasi ke arah Sumatera Barat. Karena itu operator pelat merah tersebut berupaya memastikan saluran komunikasi mereka tetap bisa dipakai.

Sebagai antisipasi kelangkaan listrik pasca gempa, Telkom sedang menyiapkan pengiriman sejumlah genset agar peralatan penunjang komunikasi tetap bisa menyala.

"Di Kepulauan Mentawai ada sekitar 400 pelanggan telepon rumah, 100 pengguna internet dan beberapa jaringan internet yang melayani Pemerintah Daerah setempat. Jumlah base transceiver station (BTS) Telkomsel di sana ada 22 unit," pungkasnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter mengguncang Kepulauan Mentawai dan wilayah sekitarnya pada Rabu (2/3/2016). Episentrum gempa berada 682 kilometer di barat daya Mentawai, pada kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa terasa hingga ke Padang, Singapura dan Malaysia. Warga di Padang sempat berhamburan keluar rumah saat perisitiwa itu terjadi, namun kondisi saat ini sudah aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com