Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Mengejutkan, iPhone Justru Lebih Laku dari Xiaomi

Kompas.com - 03/03/2016, 20:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber IndiaTimes
KOMPAS.com - Lembaga riset IDC baru saja merilis laporan pangsa pasar smartphone di India. Hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata di negara yang sedang berkembang tersebut, peranti Apple iPhone yang dikenal mahal justru mengalahkan ponsel-ponsel Xiaomi yang dikenal value for money.

Di saat tren global lebih banyak menerima ponsel-ponsel murah China dengan spesifikasi mumpuni, seperti buatan Xiaomi, OnePlus, Meizu, dan sebagainya, namun warga India justru memilih iPhone yang harganya di atas smartphone rata-rata.

Padahal selama ini, India dianggap oleh banyak vendor-vendor ponsel sebagai negara yang sedang berkembang dimana ponsel dengan harga murah dianggap bakal lebih laku.

indiatimes.com Pangsa pasar smartphone di India akhir kuartal 4 tahun 2015 versi IDC.
Menurut data IDC, di kuartal empat 2015, Apple menggeser Xiaomi di posisi ke-6 pangsa pasar smartphone di India dengan raihan pangsa pasar 4,6 persen, sementara Xiaomi hanya 3,5 persen.

Pangsa pasar lima tersbesar dimiliki oleh berturut-turut Samsung, Micromax, Lenovo-Motorola, Lava, and Intex, dimana Micromax, Lava, dan Intex ketiganya adalah brand lokal.

Yang lebih menarik lagi, menurut Indiatimes, kepopuleran Apple dibanding Xiaomi bukan hanya terjadi di kota-kota besar saja, melainkan di kota-kota penyangga seperti di kota lapis kedua dan ketiga.

Dikutip KompasTekno dari India Times, Kamis (3/3/2016), warga di India memiliki budaya membeli ponsel iPhone versi lama yang harganya turun saat iPhone baru diluncurkan.

Tingginya popularitas iPhone di India juga menandakan bahwa mereka lebih menyukai smartphone yang berkualitas dari segi spesifikasi, daya tahan, dan kemudahan dalam penggunaan.

Di China sendiri, Apple sempat mengalahkan Xiaomi di tahun 2014 lalu, namun Xiaomi kembali merebut posisi puncak pada akhir 2015, sementara Apple berada di posisi ketiga di belakang Huawei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IndiaTimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com