Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Ingin Cetak Dua "GoJek" Baru pada 2016

Kompas.com - 11/03/2016, 16:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Selain mencanangkan program "1.000 startup" hingga 2020, pemerintah juga punya target ambisius dalam waktu dekat.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, hingga akhir tahun 2016 ini, pemerintah menargetkan dua "unicorn".

"Paling tidak ada dua startup yang jadi unicorn seperti Go-Jek pada tahun ini," kata dia, Jumat (11/3/2016), di sela-sela diskusi bertajuk "Digital Dividend" di Pakarti Center, Jakarta.

Diketahui, istilah "unicorn" merujuk pada perusahaan rintisan digital yang tadinya kecil kemudian meraksasa.

Untuk menjadi "unicorn", tentu startup harus benar-benar menyediakan solusi dari masalah nyata kehidupan sehari-hari.

Selain mencetak dua "unicorn", pemerintah juga mematok, nilai bisnis digital tahun ini mencapai 25 miliar dollar AS atau setara Rp 324 triliun.

Untuk mencapai target ambisius tersebut, pemerintah terus melakukan upaya untuk menumbuhkan ekosistem bisnis digital.

Salah satunya dengan membangun infrastruktur jaringan internet yang mumpuni, baik lewat fixed broadband (Palapa Ring) maupun mobile broadband (jaringan 4G LTE).

"Kalau koneksinya sudah bagus dan merata, kesempatan akan terbuka lebar, dan manfaatnya bisa dirasakan semua masyarakat," kata dia.

Secara detail, kata Rudiantara, pemerintah menargetkan 500 startup untuk diinkubasi tiap tahun. Di antara 500 startup itu, setidaknya 200 startup harus bisa mendapatkan seed funding.

Nantinya 200 startup tersebut yang bakal dibimbing secara intensif dari pendanaan seri A, seri B, hingga bisa melakukan penawaran saham ke publik (IPO).

Sebelum ke tahap inkubasi, ada proses panjang yang harus dilewati. Pertama, setidaknya harus ada 8.000 peserta seminar startup setiap tahun.

Dari seminar itu diharapkan, ada 4.000 peserta workshop, lalu mengerucut menjadi 2.000 peserta hackathon, 1.000 peserta bootcamp, hingga mencapai 500 peserta inkubasi, 200 startup "jadi", dan dua unicorn untuk tahun ini saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com