Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapakah "Peneropong Langit" dalam Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 16/03/2016, 08:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google Doodle hari ini memamerkan ilustrasi bergerak perempuan sedang meneropong langit. Di belakangnya dibubuhi kawanan bintang jatuh. Lantas siapa perempuan tersebut? Hari apa pula yang sedang dirayakan Google?

Perempuan itu tak lain adalah Caroline Herschel, astronom perempuan pertama yang diakui Kerajaan Inggris. Hari ini, Rabu (16/3/2016), menandai hari lahir Herschel ke-266, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs Google Doodle.

Sepanjang hayatnya, Herschel telah menemukan ratusan bintang dan delapan komet. Beberapa komet temuannya dinamai sesuai dengan namanya.

Salah satunya adalah komet Herschel-Rogollet atau "35P" yang ditemukan Herschel pada 21 Desember 1788. Komet tersebut memiliki periode orbit 155 tahun.

Berkat sumbangsihnya di bidang astronomi, Herschel diberikan Golden Medal Royal Astronomical Society pada 1828. 

Tak cuma dalam ilmu perbintangan, Herschel juga jago dalam matematika aljabar. Ia adalah pembuat rumus perhitungan dan konversi dasar dalam pengamatan bintang dan pengukuran jarak astronomi.

Pada 9 Januari 1848, Herschel menghembuskan nafas terakhir. Pun begitu, jasanya masih dikenang dan karyanya masih digunakan hingga sekarang.

Googl tak luput mengenang Herschel dengan doodle yang terpampang pada mesin pencari hari ini. Doodle tersebut dibuat oleh ilustrator Juliana Chen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com