Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Janjikan Rp 1,3 Miliar Bagi Penemu "Bug" Chromebook

Kompas.com - 17/03/2016, 07:42 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber PC World
KOMPAS.com - Google menggandakan hadiah untuk sayembara perburuan (bounty program) bug dan celah keamanan di laptop Chromebook. Kini, raksasa internet tersebut bersedia menghadiahkan uang tunai sebesar 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar bagi si penemu masalah.

Besarnya hadiah tersebut ditujukan untuk "merayu" atau menarik lebih banyak perhatian dari para ahli keamanan.

"Sejak kami memperkenalkan hadiah sebesar 50.000 dollar AS, kami belum mendapatkan sebuah submisi yang sukses (menemukan bug) satu pun," tulis Google dalam blog resminya.

"Ada yang berkata, peneliti hebat layak diganjar hadiah hebat, jadi kami memasang hadiah enam digit, tersedia sepanjang tahun tanpa kuota dan tidak ada pool maksimal," lanjut Google.

Sayembara ini berlaku untuk Chromebook dalam mode Guest. Dalam mode ini, Chromebook dikatakan sangat aman. Oleh karena itu, Google berusaha menemukan bug dengan bantuan ahli keamanan di luar perusahaan.

Chromebook dalam mode Guest bisa digunakan untuk mengunduh file, tetapi tidak bisa menginstalasi aplikasi, bahkan dari toko digital Google.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari PC World, Selasa (15/3/2016), membuat program jahat merupakan salah satu cara untuk menginstalasi malware di komputer tersebut.

Google sendiri memang mempersenjatai Chromebook dengan berbagai sistem keamanan mumpuni. Beberapa di antaranya termasuk kemampuan mengunduh pembaruan software secara otomatis, menjalakan laman web dan aplikasi secara sandbox, dan "verified boot" startup.

Cara terakhir tersebut akan mengembalikan OS ke kondisi sebelum terkena program jahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com