Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Foto Bugil Jennifer Lawrence Mengaku Bersalah

Kompas.com - 17/03/2016, 08:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BuzzFeed
KOMPAS.com - Akhir 2014 lalu, peredaran foto bugil beberapa artis Hollywood sempat membuat geger jagat maya. Para artis, antara lain Jennifer Lawrence, Lea Michele, dan Kirsten Dunst, ternyata menjadi korban peretasan akun iCloud oleh hacker yang mencuri foto-foto pribadi mereka.

Setelah hampir dua tahun, pria yang diduga sebagai dalang pencurian foto tak senonoh tersebut akhirnya mengaku bersalah atas tindak peretasan yang dituduhkan, sebagaimana dilaporkan Buzzfeed dan dihimpun KompasTekno, Rabu (16/3/2016).

Ia adalah Ryan Collins, peretas berumur 36 tahun yang telah menghimpun foto bugil para artis dalam periode dua tahun, terhitung sejak 2012 hingga 2014.

Pengakuan Collins diumbar Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Menurut jaksa penuntut, Collins menggunakan trik mengelabui target dengan mengirim sebuah e-mail yang didesain khusus agar seakan-akan tampak berasal dari Apple atau Google (phising).

E-mail itu berisi permintaan mengisi username dan password. Dengan begitu, target -atau korban- diharap mau membalas dan memberikan informasi yang diminta.

Sekali saja target merespons, Collins sudah bisa mengakses semua informasi personal sang target. Selain itu, Collins juga menggunakan sebuah program di komputer untuk mengunduh semua konten dari akun iCloud korbannya.

Menurut dokumen pengadilan, Collins telah mengakses 50 akun iCloud dan 72 akun Gmail. Kebanyakan adalah akun milik artis cantik.

Meski mengaku mencuri foto personal para artis, Collins enggan dituduh menyebar foto tersebut ke jagat maya via forum online Reddit dan 4chan. Dari dokumen yang dihimpun jaksa penuntut, memang belum ada bukti kuat yang membenarkan dugaan tersebut.

Atas dakwaan pencurian foto personal, Collins dikenai hukuman penjara lima tahun. Jaksa penuntut pun merekomendasikan masa percobaan selama 18 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BuzzFeed
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com