Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Waze di iOS Dilengkapi "Cenayang" Andal

Kompas.com - 17/03/2016, 14:51 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi peta digital Waze untuk iOS mendapat pembaruan (update) pada Kamis (17/3/2016). Pada Waze versi 4.3 ini, aplikasi tersebut kedatangan fitur "cenayang".

Fitur tersebut oleh pihak Waze disebut sebagai Planned Drives. Bak seorang cenayang, fitur ini mampu meramalkan dan merekomendasikan waktu terbaik bagi pengguna untuk berangkat ke tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Pengguna tinggal memasukkan informasi perjalanan, termasuk destinasi, tanggal, dan waktu kapan harus tiba di destinasi tersebut.

Pengguna juga harus memasukkan informasi, kapan perjalanan itu mau dijalankan. Menariknya, pengguna bisa melakukan perencanaan hingga satu minggu ke depan.

Setelah informasi itu didapatkan, fitur Planned Drives akan merekomendasikan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan. Saat waktu perjalanan semakin dekat, aplikasi Waze akan memberikan notifikasi kepada pengguna untuk segera berangkat.

Sistem Planned Drives juga akan terus memantau lalu lintas dan cuaca ketika waktu perjalanan yang direkomendasikan semakin dekat. Jika lalu lintas padat dan cuaca buruk, sistem bisa saja merubah notifikasi dengan meminta pengguna berjalan lebih awal.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers Waze, Planned Drives juga menyediakan rekomendasi grafis yang mengilustrasikan tingkat kemacetan 7 hari ke depan.

Untuk menghitung kalkulasi waktu keberangkatan terbaik, Waze memperhitungkan kondisi jalanan berdasarkan algoritma cerdas, pengumpulan riwayat lalu lintas, dan analisis prediktif.

Selain itu, di pembaruan ini, ada juga fitur Send ETA, yang berguna untuk mengirimkan perkiraan waktu tiba kepada pihak lain.

Lucunya, meskipun Waze dimiliki oleh Google, fitur "cenayang" ini baru tersedia di iOS. Fitur tersebut baru dijanjikan segera hadir di Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com