Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Resmi Luncurkan Pesaing Netflix, Rp 25.000 Per Bulan

Kompas.com - 18/03/2016, 17:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa pekan lalu, XL Axiata (XL) menjanjikan sebuah aplikasi streaming film ala Netflix. Hari ini, Jumat (18/3/2016), mereka resmi meluncurkan aplikasi tersebut dengan nama Tribe.

Tribe dikembangkan oleh Axiata Digital Video, yaitu anak usaha dari grup Axiata. Indonesia jadi negara pertama yang mencicipi aplikasi tersebut, sebelum dirilis juga di negara lain.

"Untuk Tribe ini, kami kerja sama dengan Axiata Digital Video. Kami khususkan untuk komunitas, jadi ada tiga jenis film Asia, termasuk Indonesia, lalu Korea, dan jenis Lifesports yang biasanya digemari pria," kata Chief Executive Officer XL Dian Siswarini dalam peluncuran Tribe di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Dian menambahkan, XL akan bekerja sama dengan berbagai rumah produksi serta penyedia film, antara lain Fox Sports, Channel M, dan Oh!K.

Salah satu hal yang jadi pembeda dengan Netflix adalah kehadiran film Indonesia di dalam Tribe. Namun, judul yang disediakan saat ini masih terbatas dan mayoritas merupakan genre horor.

"Soalnya kalau berdasarkan survei kami, konten horor merupakan salah satu yang paling diminati di Asia. Namun, tidak menutup kemungkinan nanti akan memperluas ke film lain. Kita lihat dulu respons pengguna," tambah Chief Digital Service Officer XL Ongki Kurniawan.

Tribe dapat diunduh di Google Play dan iOS App Store dengan syarat minimum Android 4.4 atau menggunakan tipe iPhone 5S ke atas. Sementara ini, hanya pengguna XL yang bisa memakainya.

Khusus untuk pengguna yang memakai aplikasi MyXL, mereka akan mendapatkan kesempatan berlangganan Tribe gratis selama sebulan. Selanjutnya, pengguna akan dikenai biaya berlangganan Rp 25.000 per 30 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com