Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Genap 10 Tahun, Selamat Ulang Tahun!

Kompas.com - 21/03/2016, 09:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Twitter pada Senin (21/3/2016) merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Jejaring sosial itu pun menyebar pesan "Terima Kasih"-nya ke penggunanya di seluruh dunia. Pesan tersebut muncul di layar aplikasi Twitter mulai pagi ini di Indonesia.

"Thank You! It's our 10th birthday and it's you we want to celebrate. Thanks for making Twitter what it is today. Here;s to next 10 years," tulis Twitter.

Tagar #LoveTwitter juga dikenalkan oleh Twitter hari ini. Tagar tersebut bisa dipakai oleh pengguna dalam mengekspresikan kegembiraan perayaan ulang tahun Twitter.

Ucapan terima kasih dari Twitter itu diluncurkan ke seluruh dunia di berbagai wilayah, sesuai waktu di tempat masing-masing.

"Mulai dari Sydney dan mengikuti perjalanan matahari hingga ke markas kami di San Francisco," kata Twitter di blog-nya.

Selain ucapan terima kasih, Twitter juga membuat grafis interaktif yang menunjukkan beberapa momen saat Twitter mengalami lonjakan trafik dari penggunanya.

Beberapa lonjakan trafik yang dialami Twitter adalah saat grup boyband One Direction dikabarkan bubar, selfie Ellen DeGeneres di Oscar 2014, Piala Dunia Jerman 2014, dan sebagainya.

Tanggal 21 Maret 2006 ditetapkan menjadi hari ulang tahun Twitter karena menjadi momen pertama kemunculan sebuah kicauan (tweet). Salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, menjadi orang pertama yang melontarkan kicauan di situs mikroblog 140 karakter itu.

"Just setting up my twttr," inilah kicauan pertama di Twitter yang ditulis Dorsey sepuluh tahun yang lalu. Dorsey saat ini menjabat sebagai CEO di Twitter, setelah meninggalkan jabatan tersebut selama beberapa tahun.

Ulang tahun Twitter yang ke-10 tahun ini diwarnai gejolak di tubuh perusahaan, setelah pengurangan karyawan dan mundurnya beberapa eksekutif Twitter.

Namun Twitter yang semula dianggap sebagai ide yang unik, karena keterbatasan karakternya, kini menjadi salah satu denyut internet dunia.

Selamat ulang tahun, Twitter!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com