Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 9.3 Punya Fitur Ramah Mata

Kompas.com - 22/03/2016, 11:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Bersama dengan kemunculan iPhone SE dan iPad Pro 9,7 inci, Apple turut mengumumkan ketersediaan sistem operasi iOS 9.3. Update sistem operasi terbaru untuk gadget Apple itu kini sudah bisa diunduh.

iOS 9.3 bisa diunduh secara Over The Air di gadget Apple dengan mengunjungi menu "Settings > General > Software update". Ukuran file pembaruan OS ini cukup besar, berkisar di angka 300 MB. Fitur apa saja yang dibawa di dalamnya?

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (22/3/2016), iOS 9.3 memperkenalkan fitur baru bernama Night Shift yang secara otomatis mengurangi intensitas cahaya blue light saat keadaan di sekitar pengguna berubah menjadi lebih gelap.

Blue light dari layar gadget dianggap bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat mata lelah.

Cara kerja Night Shift sendiri mirip dengan tool F.lux yang sebelumnya telah tersedia selama beberapa tahun untuk PC dan Mac.

Selain Night Shift, Apple turut menyematkan pembaruan sekuriti di aplikasi Notes yang kni bisa dilindungi dengan kunci password atau sidik jari.

Ada juga tweaking di aplikasi News sehingga sajian di bagian “For You” bisa lebih relevan dengan ketertarikan pengguna dan topik-topik yang sedang hangat.

Update lain mencakup pembaruan Apple Health, CarPlay, serta shortcut 3D Touch di aplikasi Weather, Settings, Compass, Health, Stocks, dan Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com