Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu "Bolshoi Theatre" di Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 28/03/2016, 09:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Laman mesin pencari Google hari ini memamerkan sebuah gedung bernuansa kekuningan. Bagi para pelakon teater dan balet, gedung tersebut mungkin sudah tak asing.

Gedung itu tak lain adalah "Bolshoi Theatre", sebuah gedung teater tua yang terletak di kota Moskow, Rusia. Hari ini, Senin (28/3/2016), menandai hari jadi gedung pertunjukan tersebut yang ke-240.

Bolshoi Theatre pertama kali didirikan pada 1825, bersamaan dengan didirikannya sebuah yayasan opera dan balet dengan nama sama. Pendirinya adalah seorang pengusaha Inggris Michael Maddox bersama diplomat Rusia Pyotr Urusov.

Sejak pertama kali didirikan, Bolshoi Theatre menjadi salah satu tempat perhelatan seni yang sohor di Rusia. Karya balet legendaris "Swan Lake" ciptaan Tchaikovsky pun pertama kali dipertontonkan di sana.

Beberapa karya balet terkenal lain yang juga dimainkan di Bolshoi Theatre antara lain "The Sleeping Beauty", "The Nutracker", "Romeo and Juliet", dan "Giselle".

Hingga sekarang, gedung itu masih aktif digunakan untuk aktivitas berkesenian. Tak cuma teater dan balet, kelompok orkestra yang tampil di Bolshoi Theatre juga dikenal apik.

Atas nilai sejarahnya yang tinggi, tak heran Google turut merayakan hari jadi Bolshoi Theatre yang sudah lebih dari dua abad. Mesin pencari tersebut memang kerap merayakan hari-hari besar dengan sebuah doodle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com