Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 9.3 Rawan "Crash" Saat Buka Tautan

Kompas.com - 28/03/2016, 13:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Beberapa pengguna iOS 9.3 mengeluh. Mereka tak bisa membuka tautan/link di browser Safari, aplikasi Messages, Mail, Notes, serta beberapa aplikasi lainnya.

Saat hendak membuka tautan, aplikasi bakal crash dan tak merespons. Masalah ini terutama menggerogoti para pengguna perangkat Apple anyar semisal iPhone 6s dan 6s Plus.  

Dilansir KompasTekno, Senin (28/3/2016) dari 9To5Mac, sudah ada ratusan pengguna yang mengeluhkan performa iOS 9.3 di Apple Support. Selain di forum tersebut, para pengguna juga mengeluh di Twitter.

Ini bukan masalah pertama yang melanda iOS 9.3. Sebelumnya, Apple sempat menunda peluncuran sistem operasi itu karena ditemukan masalah saat di-install ke perangkat lawas.

Setelah melakukan perbaikan, sistem operasi tersebut resmi diperkenalkan akhir Maret ini, bertepatan dengan peluncuran lini iPhone SE dan iPad Pro 9,7 inci.

Sayangnya, masalah lain justru muncul terkhusus untuk perangkat Apple generasi baru. Hingga kini Apple masih enggan berkomentar.


Diketahui, pada iOS 9.3, ada fitur baru bernama Night Shift yang secara otomatis mengurangi intensitas cahaya blue light saat keadaan di sekitar pengguna berubah menjadi lebih gelap. Hal itu untuk menjamin kualitas tidur pengguna tak terganggu.

Cara kerja Night Shift sendiri mirip dengan tool F.lux yang sebelumnya telah tersedia selama beberapa tahun untuk PC dan Mac.

Selain Night Shift, Apple turut menyematkan pembaruan sekuriti di aplikasi Notes yang kni bisa dilindungi dengan kunci password atau sidik jari.

Ada juga tweaking di aplikasi News sehingga sajian di bagian “For You” bisa lebih relevan dengan ketertarikan pengguna dan topik-topik yang sedang hangat.

Update lain mencakup pembaruan Apple Health, CarPlay, serta shortcut 3D Touch di aplikasi Weather, Settings, Compass, Health, Stocks, dan Store.

Belum diketahui apakah update-update dan fitur baru iOS 9.3 tersebut menjadi penyebab aplikasi menjadi crash saat membuka tautan/link.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com