Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, iOS 9.3 Bisa Bikin iPad Lawas Rusak

Kompas.com - 29/03/2016, 07:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Tak semua pengguna gadget Apple bisa menikmati fitur-fitur baru di iOS 9.3 yang dirilis minggu lalu. Peluncuran sistem operasi mobile terbaru itu diwarnai berbagai masalah yang berdampak spesifik, tergantung jenis perangkat.

Para pemilik iPad 2 bahkan mendapati perangkatnya dalam kondisi “bricked” alias tidak bisa dipakai karena gagal masuk ke OS, setelah menginstal iOS 9.3.

Entah apa sebabnya, tablet lawas itu mengalami error ketika pengguna berusaha mengaktifkannya usai melakukan pembaruan OS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Selasa (29/3/2016).

Akhir minggu lalu, Apple bergegas merilis versi lain dari iOS 9.3 yang khusus dibuat untuk mengatasi error saat aktivasi pada iPad 2.

Pengguna iPad 2 yang terdampak masalah mesti mengunduh file iOS 9.3 ke komputer terlebih dahulu, untuk kemudian ditransfer ke iPad 2.

Apple turut menyalurkan update iOS 9.3 ke toko-toko retail Apple Store untuk membantu pengguna yang tidak memiliki komputer di rumah.

Selain iPad tua, iOS 9.3 juga dilaporkan memicu masalah pada perangkat lain yang lebih baru. Pemilik iPhone 6S dan iPhone 6S, misalnya, mengeluhkan bahwa gadget tersebut jadi sering crash dan hang setelah dipasangi iOS 9.3.
 
Apple sedang sibuk mengatasi aneka masalah yang ditimbulkan oleh iOS 9.3. Pabrikan berlambang buah apel tergigit itu kemungkinan bakal merilis update berikutnya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com