Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Penyandang Tunanetra Bisa "Melihat" di Twitter

Kompas.com - 30/03/2016, 19:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Twitter makin serius menggarap konten visual pada platform-nya. Hari ini, Rabu (30/3/2016), Twitter meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menyematkan teks keterangan alias "caption" untuk memperkuat foto.

Sebelumnya, menulis caption foto di Twitter cuma mengandalkan kicauan 150 karakter. Dengan pembaruan ini, pengguna bisa menuliskan caption khusus hingga 420 karakter.

Selain untuk memperkuat konten visual, fitur bertajuk "image description" juga bertujuan membantu penyandang tunanetra "melihat" gambar di Twitter.

Caption  tersebut bakal bisa diakses oleh tunanetra melalui teknologi pembantu, seperti voice over tulisan atau tampilan braille. Caption yang dibacakan oleh sistem akan memberikan suasana dari gambar sehingga tunanetra bisa merasakan dan melihatnya.

Sangat disarankan untuk memberikan deskripsi selengkap mungkin di bagian caption agar tunanetra bisa "melihat" gambar dengan lebih detail.

Menurut Twitter, peristiwa-peristiwa paling penting yang dibagi netizen ke mikroblog tersebut berbentuk foto. Di Indonesia, misalnya foto insiden bom di Sarinah, demo taksi konvensional untuk Uber, dan momentum Gerhana Matahari Total.

Bagi orang-orang dengan penglihatan normal, banjir foto di Twitter bisa menambah pengetahuan tentang suatu kejadian secara real-time. Namun, bagi para tunanetra, hal tersebut tentu tak bisa diserap sebagaimana mestinya.

"Kami ingin pesan dalam foto-foto yang dibagi di Twitter bisa tersampaikan ke audience yang lebih banyak, termasuk para tunanetra," begitu tertulis pada blog resmi Twitter sebagaimana dihimpun KompasTekno.

Saat membagi foto di Twitter, dengan caption 420 karakter, pengguna diharapkan dapat menggambarkan foto tersebut secara lebih detil sehingga maknanya bisa dipahami semua orang.

Cara mengaktifkan fitur

Untuk mengaktifkan fitur tersebut di aplikasi Android, pengguna cukup menekan menu tiga titik pada ujung kanan atas laman Twitter. Selanjutnya pilih "Settings", lalu tekan "Accessibility".

Di dalamnya, tersedia pilihan "compose image descriptions". Centang kotak di sampingnya untuk mengaktifkan fitur ini. Jika sudah, setiap kali hendak membagi foto, pengguna akan melihat pilihan "add descriptions" untuk menuliskan keterangan foto sampai 420 karakter.

Pembaruan ini sudah tersedia untuk aplikasi Twitter di iOS maupun Android. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com