Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mencari dan Menambahkan Teman Snapchat

Kompas.com - 30/03/2016, 21:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sejak awal 2015, Snapchat mulai digandrungi masyarakat Indonesia, terutama kalangan remaja (18 sampai 25 tahun). Layanan tersebut menawarkan pengalaman berkomunikasi maya yang lebih nyata.

Tak melulu lewat teks dan foto, netizen bisa saling berbagi video aktivitas sehari-hari. Apalagi, Snapchat menyediakan beragam filter yang menggemaskan untuk melengkapi foto dan video.

Namun, ada hal yang masih mengganjal. Netizen kerap kesulitan mencari akun Snapchat teman. Sebab, warga Snapchat seringkali membuat nama akun yang tak sesuai nama asli. Misalnya saja akun Snapchat artis kawakan Dian Sastrowardoyo yang bertajuk "inidisas".

Tentu hal itu menyulitkan. Apalagi, Snapchat belum menyediakan fitur "suggestion friends" layaknya Facebook dan Twitter.

Tapi bukan berarti Snapchat tak menyediakan cara mudah mencari teman. Bahkan, ada beberapa cara yang ditawarkan. Pengguna cukup menggulir laman utama aplikasi ke bawah dan pilih "Add Friends". Di dalamnya akan muncul beberapa mekanisme menambahkan teman.

Pertama, "Add by Username". Mekanisme ini mengharuskan pengguna mengetahui nama akun teman yang hendak ditambahkan. Misalnya ingin mengintip aktivitas penyanyi Raisa, pengguna harus menuliskan nama akun "raisabackstage".

Kedua, "Add from Address Book". Mekanisme ini adalah yang paling mudah dibandingkan mekanisme lainnya. Snapchat akan menampilkan akun-akun terdaftar yang sesuai dengan daftar kontak di smartphone pengguna. Cukup tekan tanda "+" jika ingin menambahkan sebagai teman.

Ketiga, "Add by Snapcode". Mekanisme ini cukup ruwet. Pengguna harus menyimpan foto kode Snapchat seseorang. Kode tersebut pasti dimiliki tiap pengguna Snapchat. Selanjutnya, Snapchat akan memindai kode itu untuk menambahkan seseorang sebagai teman.

Biasanya para artis memamerkan gambar kode Snapchat mereka di berbagai media sosial. Pengguna harus menyimpan gambar tersebut untuk kemudian dipindai ke akun Snapchat melalui mekanisme "Add by Snapcode".

Keempat, "Add Nearby". Mekanisme ini mengandalkan radius lokasi. Snapchat akan mendeteksi akun Snapchat terdaftar yang berada dekat dengan pengguna. Selanjutnya, terserah apakah pengguna ingin menambahkan seseorang sebagai teman atau tidak.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com